nusabali

Kolam Lila Arsana Dikuras

  • www.nusabali.com-kolam-lila-arsana-dikuras

SEMARAPURA, NusaBali - Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Klungkung menguras kolam Lila Arsana di Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung, Kamis (29/8). Alasannya, kondisi kolam keruh dan dikhawatirkan menjadi sarang jentik nyamuk. Pengurasan menggunakan dua mesin pompa dan langsung dialirkan ke saluran air jalan raya. Petugas BPBD Klungkung perlu waktu sehari untuk kuras kolam.

Kadisdikpora Klungkung, I Ketut Sujana, mengatakan kolam renang segera diisi air bersih usai dikuras. Jika dibiarkan mengering kolam bisa cepat rusak, retak, dan bocor. "Kami berupaya mendapatkan pihak ketiga yang mau mengelola kolam ini sehingga bisa segera dimanfaatkan," ujar Sujana.

Disdikpora akan memberikan insentif kepada pihak yang mengelola dengan masa uji coba selama tiga bulan secara gratis. Setelah tiga bulan uji coba, tahun depan bisa dimulai kontraknya. Intinya bagaimana caranya agar kolam renang kembali terawat dan dimanfaatkan oleh masyarakat Klungkung.

Menurut Sujana, kolam renang Lila Arsana masih layak beroperasi. Mesin maupun kondisi kolam masih bisa digunakan. Hanya saja untuk bisa beroperasi diperlukan biaya yang cukup besar untuk bayar air, listrik, dan obat-obatan. "Operasionalnya sekitar Rp 25 juta per bulan dan obat-obatan dalam sebulan bisa habis Rp 5 juta," kata Sujana.

Anggota DPRD Klungkung, I Ketut Juliarta, sempat menghubungi Disdikpora Klungkung 2 Minggu lalu agar kolam Lila Arsana dibersihkan. "Kami sempat ditelpon dua minggu lalu terkait keluhan masyarakat. Karena terkendala waktu, sekarang kami tindaklanjuti dengan melakukan pengurasan," ujar Sujana. 7 wan

Komentar