nusabali

Dukung Penjualan Produk UMKM di Bangli, Dinas Koperasi Gelar Pasar Rakyat

  • www.nusabali.com-dukung-penjualan-produk-umkm-di-bangli-dinas-koperasi-gelar-pasar-rakyat

BANGLI, NusaBali - Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Bangli kembali menggelar Pasar Rakyat di areal Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Bangli, Kamis (29/8). Pasar rakyat dilaksanakan serangkaian mendukung penjualan produk hasil UMKM di Bangli.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Bangli Ni Luh Ketut Wardani mengatakan pasar rakyat sudah dilaksanakan beberapa kali. Menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan nanti, pasasr ini akan lebih diintensifkan. Pelaksanaan pasar rakyat melibatkan pelaku UMKM maupun petani. "Kami bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Pertanian," jelasnya. 

Menurut Ketut Wardani, pasar rakyat diharapkan mampu membantu pemasaran produk/olahan UMKM dan petani. Selain itu dalam upaya menjaga stabilitas harga di musim panen. "Contohnya, tanaman jeruk sudah mulai musim panen. Agar harga bagus, kami upayakan membantu penjualan," kata mantan Kabag Ekonomi Setda Bangli ini. 

Lanjutnya, pasar rakyat kali ini didominasi olahan siap saji. Kemudian mendekati Hari Raya Galungan akan lebih banyak produk/sarana ucapara. Pasar ini diikuti 25 pelaku UMKM di Bangli. 

Dia mengakui masih terkendala fasilitas/sarana prasana untuk mengadakan pasar rakyat, seperti tenda atau meja. Ketut Wardani yang juga didampingi Sekretaris Dinas Koperasi Bangli Cok Gede Agung Panji menyebutkan untuk bisa rutin melaksanakan pasar rakyat perlu tenda dan meja. 

Untuk itu, pihaknya akan mengusulkan ke daerah agar didukung sarana prasarana yang memadai. "Selama ini kami menggaden pihak ketiga. Kalau fasilitas bisa disiapkan tentu kita bisa mengadakan pasar rakyat kapan saja," sambungnya. 7esa

Komentar