nusabali

Indonesia Alihkan Fokus ke Thailand

Indra Sjafri Minta Pemain Rendah Hati Bak Ilmu Padi

  • www.nusabali.com-indonesia-alihkan-fokus-ke-thailand

Yang paling penting harus kami sikapi dengan wajar. Jangan jemawa, jangan sombong, seperti padi semakin berisi semakin menunduk.  Saya ingin para pemain termotivasi lolos Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

JAKARTA, NusaBali
Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri mengatakan para pemain asuhannya kini mengalihkan fokus melawan Thailand U-20 pada laga kedua Seoul Earth On Us Cup 2024 di Stadion Mokdong, Korea Selatan, Jumat (30/8) hari ini. Setelah menumbangkan Argentina 2-1 pada laga perdana, Indra Sjafri juga meminta para pemainnya menggunakan ilmu padi, alias tetap rendah hati dan tidak besar kepala.

“Setelah kita selesai lakukan pertandingan lawan Argentina. Hari ini kita recovery karena jarak antarpertandingan itu hanya satu hari,” kata Indra Sjafri, dalam rilis tim pada Kamis (29/8).

“Pagi kita ada recovery dan siang ada diskusi terkait pertandingan lawan Argentina, evaluasi, dan persiapan game plan laga lawan Thailand,” kata Indra Sjafri. 

Meskipunm Thailand kalah 1-4 dari Korea Selatan pada laga pertama, Indra tak mau para pemainnya memandang remeh Thailand. Indra mengaku selalu menekankan setiap pertandingan itu penting. Setiap pertandingan itu harus disikapi dengan kerja keras dan sesuai dengan apa yang kita sepakati.

“Itu harus dilaksanakan dan benar-benar tugas sebelas pemain di lapangan itu seusai apa yang kita bebankan kepada mereka,” kata pelatih 61 tahun itu.

Lebih jauh Indra Sjafri juga meminta timnya tetap berilmu padi atau rendah hati setelah pada Rabu lalu mengalahkan tim kuat Argentina U-20 dengan skor 2-1. Garuda Nusantara sempat tertinggal melalui gol Mirko Juarez pada menit 17, lalu bangkit pada babak kedua berkat gol Kadek Arek (75) dan penalti Maouri Simon Ananda (79). 

“Yang paling penting harus kami sikapi dengan wajar. Jangan jemawa, jangan sombong, seperti padi semakin berisi semakin menunduk,” kata Indra Sjafri. 

Indra menginginkan anak-anak asuhnya termotivasi lolos Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 pada September mendatang. Selain itu, juga jadi empat tim terbaik dalam Piala Asia U-20 2025 untuk merebut tiket Piala Dunia U-20 2025. 

Indra juga berbicara tentang permainan timnya yang membaik pada babak kedua setelah digempur tim ranking satu dunia itu pada babak pertama. Pelatih asal Sumatera Barat itu mengatakan hal tersebut terjadi karena timnya memiliki komposisi terbaik mulai pemain, pelatih, hingga ofisial. 

“Kita punya psikolog, kita punya pelatih yang bagus, dan juga kita punya tim ofisial yang mendukung mulai dari dokter dan lain sebagainya. Ini menjadi satu kesatuan. Dan mereka kita bina sudah enam bukan atau tujuh bulan dari Januari kemarin," kata Indra Sjafri.

Selanjutnya Indonesia melawan Thailand pada laga kedua di Stadion Mokdong esok Jumat. Seoul Earth On Us Cup menjadi turnamen yang diikuti Garuda Nusantara untuk mempersiapkan diri menghadapi  Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 pada September.  Dalam kualifikasi, Garuda Nusantara bertindak tuan rumah dan tergabung dalam Grup F bersama Yaman, Timor Leste, dan Maladewa. ant

Komentar