nusabali

Bawaslu Bali Awasi Proses Pendaftaran Cagub-Cawagub Bali

  • www.nusabali.com-bawaslu-bali-awasi-proses-pendaftaran-cagub-cawagub-bali

DENPASAR, NusaBali - Ketua dan seluruh anggota Bawaslu Bali ikut turun mengawasi jalannya pendaftaran pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Bali di Kantor KPU Provinsi Bali, Jalan Tjokorda Agung Tresna, Niti Mandala Denpasar, Kamis (29/8). Proses pendaftaran yang digelar sejak pukul 10.00 Wita hingga pukul 14.00 Wita sudah sesuai dengan regulasi.

Hari ketiga pendaftaran kandidat ke KPU Bali Kamis kemarin, dua pasangan calon mendaftar diiringi dengan kekuatan massa yang seimbang. Kandidat yang datang pertama adalah pasangan Cagub-Cawagub, Wayan Koster-Nyoman Giri Prasta yang diusung PDIP, Partai Perindo, Hanura, PKB, PPP, PBB, Gelora, Partai Ummat dan Partai Buruh. 

Koster-Giri mendaftar pada pukul 10.00 Wita dengan diiringi parade budaya. Sementara pasangan Cagub-Cawagub Made Muliawan Arya-Putu Agus Suradnyana (Mulia-PAS) yang diusung Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, NasDem, PSI mendaftar pada pukul 12.00 Wita. Mulia-PAS juga membawa kekuatan massa bernafaskan parade budaya.

Ketua Bawaslu Bali, I Putu Agus Tirta Suguna bersama 4 anggotanya, Gede Sutrawan, Ketut Ariyani, I Wayan Wirka, dan I Nyoman Gede Putra Wiratma mengawasi secara melekat terkait dengan proses pelaksanaan dan prosedur pendaftaran kedua bakal calon tersebut.

Di sela pengawasannya, Tirta Suguna menuturkan bahwa pihaknya tidak hanya mengawasi prosedur pendaftaran, namun juga memfokuskan pengawasan kepada pihak-pihak yang dilarang turut serta dalam agenda pendaftaran itu. “Selain mengawasi secara prosedur teknis, kami juga lakukan pengawasan terhadap pihak yang tidak dibolehkan ikut serta oleh Undang-undang, seperti ASN dan anak-anak,” ujar Tirta Suguna di Kantor KPU Bali, Kamis (29/8).

Lebih jauh, Tirta Suguna menuturkan bahwa dari hasil pengawasan yang dilakukan pihaknya, proses pendaftaran yang digelar sejak pagi itu sudah sesuai dengan regulasi. “Kami sudah melibatkan tim dalam mengawasi proses kegiatan pendaftaran kedua bakal pasangan calon, berdasarkan hasil pengawasan semuanya sudah berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan,” pungkas Tirta Suguna. a

Komentar