nusabali

Zurich Entrepreneurship Program Berdayakan Ribuan Siswa di 14 Kota di Indonesia

  • www.nusabali.com-zurich-entrepreneurship-program-berdayakan-ribuan-siswa-di-14-kota-di-indonesia

JAKARTA, NusaBali.com - Zurich Indonesia, bersama Z Zurich Foundation dan Prestasi Junior Indonesia, melanjutkan Zurich Entrepreneurship Program yang kini memasuki tahun ketiganya. Program ini bertujuan untuk memberdayakan lebih dari 3.700 siswa dari 50 SMA dan SMK di 14 kota dan kabupaten di Indonesia, termasuk Jakarta, Bogor, Tangerang Selatan, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Medan, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. Program ini akan berlangsung hingga Juli 2025.

Melalui Zurich Entrepreneurship Program, para siswa akan dibekali dengan pengetahuan tentang kewirausahaan, kesiapan kerja, dan literasi keuangan. Mereka akan didorong untuk menginisiasi 50 bisnis baru yang berfokus pada ekonomi sirkular, gaya hidup sehat, dan perubahan iklim.

Edhi Tjahja Negara, Country Manager Zurich Indonesia, menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk membantu generasi muda mengaktualisasikan potensi bisnis mereka dan memberikan kontribusi positif pada masyarakat. 

"Zurich Entrepreneurship Program memfasilitasi generasi muda untuk dapat mengaktualisasikan potensi bisnis dan semangat perubahan. Sejalan dengan tujuan kami untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah, pendekatan baru dari program tahun ini diharapkan dapat menciptakan efek domino bagi pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan pembangunan berkelanjutan di masyarakat," ujar Edhi, Kamis (29/8/2024).

Sejak diluncurkan pada tahun 2022, Zurich Entrepreneurship Program telah memberdayakan lebih dari 5.500 siswa dengan keterampilan penting untuk menciptakan peluang ekonomi melalui kewirausahaan. Lebih dari 370 karyawan Zurich berperan sebagai mentor, yang membantu siswa-siswa tersebut membentuk 70 bisnis baru dengan total pendapatan bisnis lebih dari Rp 500 juta.

Adriana Poglia, Head of Enabling Social Equity Z Zurich Foundation, menambahkan bahwa kewirausahaan adalah alat penting untuk mencapai kesetaraan sosial. "Melalui program ini, kami bertujuan untuk mengatasi hambatan struktural dan menciptakan lingkungan di mana semua generasi muda memiliki kesempatan yang mereka layak dapatkan untuk berhasil di masa depan," jelas Adriana.

Data Badan Pusat Statistik pada Februari 2024 menunjukkan bahwa angka pengangguran di Indonesia masih didominasi oleh orang muda berusia 15-24 tahun, mencapai 16,42%. Robert Gardiner, Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, menekankan bahwa program ini diharapkan dapat menginspirasi siswa untuk mempertimbangkan kewirausahaan sebagai pilihan karier utama setelah lulus sekolah. 

"Kami percaya kemitraan kami bersama Zurich Indonesia dan Z Zurich Foundation dalam mempromosikan kewirausahaan kepada generasi muda dapat mereduksi angka pengangguran muda Indonesia di masa mendatang," tutup Robert.

Zurich Indonesia (PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, PT Zurich General Takaful Indonesia, dan PT Zurich Topas Life) berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Komentar