nusabali

BATIC 2024 Soroti Praktik Keberlanjutan dalam Bisnis Telekomunikasi

  • www.nusabali.com-batic-2024-soroti-praktik-keberlanjutan-dalam-bisnis-telekomunikasi

MANGUPURA, NusaBali.com - Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) 2024 yang diselenggarakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin), anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, menggarisbawahi pentingnya integrasi praktik keberlanjutan dalam operasional bisnis perusahaan.

Dalam diskusi panel bertajuk “Industry’s Collaborative Effort to a Sustainable Future”, Kamis (29/8/2024), VP Sustainability Telkom, Gunawan Wasisto Ciptaning Andri, menekankan bahwa TelkomGroup menjalankan bisnisnya dengan mengedepankan prinsip-prinsip keberlanjutan di seluruh entitas perusahaan. 

 “Telkom memiliki program ESG yang bernama EXIST (ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia), yang terbagi ke dalam tiga pilar utama: Right Environment Approach, Right People, dan Right Governance. Program ini mencakup berbagai inisiatif, termasuk pengelolaan proteksi data, tata kelola perusahaan yang baik, serta inklusivitas, keragaman, dan kesetaraan di tempat kerja,” jelas Gunawan.

Lebih lanjut, Gunawan menambahkan bahwa TelkomGroup juga berkomitmen terhadap program Net Zero Emissions dengan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi emisi yang dihasilkan.

Diskusi panel ini turut dihadiri oleh tokoh-tokoh penting lainnya seperti Iman Muhammad dari Salesforce Indonesia, Julian Gorman dari GSMA, Kishan Thakarshi dari HSBC Global Banking, dan Yessie Yosetya dari XL Axiata. Mereka bersama-sama mengeksplorasi bagaimana kolaborasi industri dapat mendukung masa depan yang berkelanjutan.

Pada sesi lain, Susumu Yoneoka dari NTT Global Data Centers CBJ1 memaparkan studi kasus tentang bagaimana praktik berkelanjutan diterapkan dalam operasi pusat data, sementara Adir Ginting dari Google Cloud SEA membahas pendekatan keberlanjutan dalam memenuhi permintaan layanan internet yang terus meningkat.

Selain itu, Vito Di Maria dari Nokia membahas inovasi terbaru dalam jaringan optik yang dirancang untuk menciptakan jaringan yang efisien, cerdas, dan aman demi masa depan yang lebih hijau.

Dalam rangkaian konferensi ini, TelkomGroup melalui Telin juga meluncurkan TNeX Net, produk terbaru di Platform TNeX yang menawarkan layanan internet berbasis Layer 3 dengan provisi instan dan fleksibilitas tinggi. Layanan ini tersedia di lebih dari 120 Data Center di lebih dari 50 negara, memberikan pelanggan akses ke solusi konektivitas global yang lebih komprehensif.

BATIC 2024 telah menjadi wadah penting bagi para pelaku industri telekomunikasi untuk berbagi pengetahuan dan inovasi, terutama dalam konteks keberlanjutan, yang semakin menjadi fokus utama dalam pengembangan bisnis di masa depan.

Komentar