nusabali

Petugas Distan Vaksinasi 486 Anjing di Ban

  • www.nusabali.com-petugas-distan-vaksinasi-486-anjing-di-ban

AMLAPURA, NusaBali - Kadis Pertanian Pangan dan Perikanan Karangasem I Nyoman Siki Ngurah memimpin kegiatan vaksinasi anjing di Kantor Desa Ban, Banjar/Desa Ban, Kecamatan Kubu, Jumat (30/8). Kegiatan ini menyasar 486 ekor. Warga masyarakat antusias membawa anjingnya untuk divaksinasi agar tidak tertular rabies.

Selama ini anjing milik masyarakat kebanyakan dilepas hingga rentan tertular rabies. Penyakit ini sangat membahayakan keselamatan nyawa manusia. Vaksinasi itu dikoordinasikan Kadis Pertanian Pangan Perikanan I Nyoman Siki Ngurah. Dia melakukan vaksinasi secara simbolis, berlanjut petugas dari Pusat Kesehatan Hewan Kecamatan Kubu. Hadir pada acara itu, Perbekel ban I Gede Tamu Sugiantara, bersama perangkat desa. 

Siki Ngurah mengungkapkan, petugas terus berupaya melaksanakan vaksinasi anjing, agar tidak lagi ada kekhawatiran penyebaran penyakit rabies di masyarakat. "Tujuan vaksinasi itu untuk mencegah tertular rabies, agar tubuh anjing kebal dari rabies," jelasnya.

Kata dia, anjing saat berkumpul sering bertengkar saling gigit, jika salah satu anjing menderita rabies dalam pertengkaran, di situlah penularan terjadi. selanjutnya jika menggigit manusia, menyebabkan terjangkit rabies, bisa menimbulkan kematian.

"Makanya bagi masyarakat yang suka memelihara anjing sebaiknya dikandangkan, agar terhindar dari penyakit rabies, dan tidak membahayakan," harapnya.

Kata Siki Ngurah, cara paling gampang agar tidak terjadi penyebaran rabies. Hal ini mengacu Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor : 15 Tahun 2009 tentang Penanggulangan Rabies dan Peraturan Daerah Karangasem Nomor 4 Tahun 2013 tentang Ketertiban Umum serta Surat Edaran Bupati Karangasem Nomor 524.3/842/Distan/Setda per 20 Februari 2023 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Rabies. 

Cara lain untuk mencegah terjadinya penularan rabies, agar secara rutin melakukan vaksinasi pada anjing. Rabies merupakan penyakit menular akut yang menyerang susunan sarat pusat pada manusia dan hewan tersebut berdarah panas yang disebabkan virus rabies. Masa inkubasi rabies pada anjing katanya 3-8 minggu, pada manusia selama 2-8 minggu. 

Perbekel Ban I Gede Tamu Sugiantara mengapresiasi atas perhatian Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, yang telah datang melayani masyarakat melaksanakan vaksinasi anjing. "Di sini banyak anjing yang dilepas, khawatir juga jika ada yang menderita rabies," katanya. Desa Ban salah satu dari 9 desa di Kecamatan Kubu, yang memiliki populasi anjing cukup banyak, sebanyak delapan desa lainnya, Kubu, Tianyar Barat, Tianyar Tengah, Tianyar Timur, Baturinggit, Tulamben, Dukuh dan Sukadana,  

Di Karangasem estimasi populasi anjing 81.155 ekor. Dari jumlah itu, telah divaksinasi 57.799 ekor, atau 74,22 persen, gigitan yang terjadi sejak Januari 2024 sebanyak 1.734 kasus, yang positif rabies sebanyak 49 kasus, eliminasi sebanyak 118 ekor, kontrol populasi sebanyak 441 ekor, sedangkan stok vaksin 22.617 dosis.

Sebelumnya, petugas menggelar vaksinasi massal menyasar 809 anjing di Banjar Bale Gede, Desa Datah, Kecamatan Abang, Karangasem, Selasa (21/5).7k16

Komentar