nusabali

Usai Daftar, Paslon Lakukan Tes Kesehatan

Sanjaya Sudah 4 Kali Jalani Tes Kesehatan untuk Pilkada

  • www.nusabali.com-usai-daftar-paslon-lakukan-tes-kesehatan

RS Bali Mandara libatkan 53 orang tim dokter terdiri dari berbagai macam keahlian, termasuk dokter kejiwaan dan dokter terkait penggunaan narkotika

DENPASAR, NusaBali 
Setelah resmi melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan calon (Paslon) kepala daerah dan wakil kepala daerah yang ‘tarung’ di Pilkada serentak 2024 di Bali mulai melakukan tes kesehatan di rumah sakit yang telah ditentukan. 

Pada Jumat (30/8), dua pasangan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Tabanan, tiga pasangan Cabup-Cawabup Klungkung, dan satu pasangan Cabup-Cawabup Bangli melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up) di RSUD Bali Mandara, Sanur, Denpasar. 

Mereka, yakni pasangan I Nyoman Mulyadi-I Nyoman Ardika (Tabanan), I Komang Gede Sanjaya-I Made Dirga (Tabanan), I Ketut Juliarta-I Made Wijaya (Klungkung), I Made Satria-Tjokorda Gede Surya Putra (Klungkung), I Made Kasta-I Ketut Gunaksa (Klungkung), dan Sang Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar (Bangli). Keenam bakal paslon ini melakukan pemeriksaan maraton sejak pagi hingga sore hari. 

Sementara itu bakal paslon Bupati Gianyar Made Mahayastra-Anak Agung Gede Mayun melakukan tes kesehatan di rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Gianyar RSUD Sanjiwani, Gianyar juga digelar, Jumat kemarin. Paslon di Pilkada Gianyar diagendakan jalani pemeriksaan di RSUD Sanjiwani Gianyar. Hal sama juga dilakukan Paslon di Pilkada Badung yang jalani cek kesehatan di RSUD Mangusada di Kelurahan Kapal, Mengwi, Badung. Selebihnya para Paslon yang tarung di Pilkada lainnya di Bali digelar di RS Bali Mandara, Sanur, Denpasar.  Cabup Tabanan  yang juga incumbent, I Komang Gede Sanjaya usai melakukan pemeriksaan kesehatan menyampaikan dirinya yang kini maju berpasangan dengan I Made Dirga, akan mengikuti setiap tahapan pendaftaran termasuk tahap tes kesehatan. 

“Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Cabup usungan PDIP ini didampingi Cawabup Made Dirga. Ini merupakan tes kesehatan yang keempat kalinya dilakukan Sanjaya, sejak pertama kali mendaftar sebagai bakal Calon Wakil Bupati (Cawabup) Tabanan pada Pilkada Tahun 2010. Saat itu Sanjaya mendampingi Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan menjadi wakil bupati dua periode sebelum terpilih sebagai Bupati Tabanan di Pilkada 2020 hingga kini. 

“Ketelitian, akurasinya, semua ceknya beda kali ini. Mungkin tambahan 40 persen dari sebelumnya,” ungkapnya menyinggung pemeriksaan kesehatan yang semakin canggih. Sementara itu Cabup-Cawabup Klungkung I Ketut Juliarta-I Made Wijaya juga melaksanakan tes kesehatan di RS Bali Mandara pada, Jumat kemarin. Keduanya mengaku tidak melaksanakan persiapan khusus sebelum tes, karena pada hari sebelumnya pasangan yang diusung Partai Gerindra ini disibukkan dengan proses pendaftaran di KPU Klungkung. 

“Kami berdua astungkara sehat,” kata Juliarta. Wakil Direktur RS Bali Mandara dr I Ketut Widiyasa MPh MH FISQua menyampaikan tes kesehatan bakal paslon meliputi kesehatan fisik dan kejiwaan serta bebas dari penyalahgunaan narkotika. Pada hari pertama pemeriksaan berfokus pada tes fisik dan penyalahgunaan narkotika. Sementara pada hari kedua dilakukan pemeriksanan kejiwaan. “Hasil pemeriksaan itu akan kita sampaikan ke KPU,” terangnya. 

Dokter Widi menyampaikan tim dokter yang terlibat sebanyak 53 orang terdiri dari berbagai macam keahlian, termasuk dokter kejiwaan dan dokter terkait penggunaan narkotika. Para paslon diharapkan melakukan puasa 10 jam sebelum dilakukan pemeriksaan fisik. 

Pada hari pertama, para paslon akan melakukan serangkaian tes untuk mengetahui fungsi hati, ginjal, kadar lemak, gula darah, paru-paru, jantung, dan parameter kesehatan lainnya, serta mencakup pemeriksaan  penyalahgunaan narkotika. Sementara itu, pada hari kedua para paslon akan melakukan pemeriksaan kejiwaan melalui tes tertulis (psikotes) dan wawancara. “Pemeriksaan ini lebih kompleks dibanding medical check up pada umumnya yang biasa kami lakukan,” kata Ketua IDI Denpasar ini. 
Dokter Widi menyampaikan pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan bakal paslon sejak Kamis (29/8), yakni bakal paslon di Pilkada Karangasem I Gusti Putu Parwata-Pandu Prapanca Lagosa. Selanjutnya hingga Senin (2/9) rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Bali akan melakukan tes kesehatan masing-masing 6 bakal paslon setiap harinya, termasuk bakal Cagub-Cawagub Bali pada, Minggu (1/9). 

Sementara Cabup-Cawabup Gianyar usungan PDIP dan koalisi I Made Mahayastra-Anak Agung Gde Mayun (Paket Aman) melakukan pemeriksaan kesehatan sebagai tahap lanjutan dari pendaftaran Bupati dan Wakil Bupati Gianyar tahun 2024. 

Pasangan I Made Mahayastra-Anak Agung Gde Mayun saat jalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Sanjiwani Gianyar, Jumat (30/8). –IST 

KPU Gianyar sebelumnya telah menetapkan RSUD Sanjiwani sebagai rumah sakit yang direkomendasikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gianyar. "Sesuai dengan jadwal tahapan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan ditanggal 27 Agustus sampai dengan 2 September 2024 Paket AMAN terjadwal melakukan pemeriksaan kesehatan di tanggal 30 Agustus sedangkan Paket KATA (Agung Kakarsana-Tagel Arjana) ditanggal 1 September. Untuk itu kami di KPU Gianyar bersama dengan pihak RSUD Sanjiwani siap melaksanakan pemeriksaan ditanggal tersebut dengan baik", terang Ketua KPU Gianyar, I Wayan Mura saat dijumpai di sela-sela pemeriksaan kesehatan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Gianyar dari Paket AMAN, Jumat kemarin.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Gianyar, Ni Made Suniari Siartikawati menyebutkan bahwa bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gianyar akan melaksanakan beberapa jenis pemeriksaan kesehatan yaitu anamnesis dan analisis riwayat kesehatan, pemeriksaan jiwa (rohani), pemeriksaan fisik (jasmani), pemeriksaan penunjang wajib seperti pemeriksaan laboratorium yang meliputi darah dan urin dan tes Prostat Specific Antigent (PSA). 7 a, nvi 

Komentar