nusabali

Besok, Dua Bapaslon Jalani Tes Kesehatan

  • www.nusabali.com-besok-dua-bapaslon-jalani-tes-kesehatan

Proses pemeriksaan atau rekam medik akan dilakukan oleh Tim Pemeriksa RSD Mangusada secara tertutup, mengingat ini terkait data pribadi.

MANGUPURA, NusaBali
Dua bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Badung yang sudah mendaftar ke KPU Badung pada 29 Agustus 2024, akan menjalani tes kesehatan pada Minggu (1/9) besok. Pemeriksaan kesehatan yang merupakan tahapan selanjutnya ini akan dipusatkan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada, Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi.

Dua Bapaslon yang akan menjalani pemeriksaan kesehatan yakni pasangan I Wayan Adi Arnawa-I Bagus Alit Sucipta (Adi Cipta) dan I Wayan Suyasa-I Putu Alit Yandinata (Suyadinata). Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Badung Agung Rio Swandisara, mengatakan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 1090 Tahun 2024. Keputusan ini mengatur Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Pemeriksaan yang dimaksud mencakup penilaian kesehatan jasmani dan rohani yang dilakukan dengan mengikuti protokol sesuai standar profesi terkait. Hasil dari tes kesehatan ini akan menjadi salah satu pertimbangan penting dalam proses seleksi calon Bupati dan Wakil Bupati Badung, sehingga hanya calon yang memenuhi syarat kesehatan yang akan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Agung Rio mengungkapkan, kedua bapaslon akan diatur menjalani tes kesehatan di jam berbeda. Untuk bapaslon Adi Cipta dijadwalkan pukul 06.30 Wita dan akan berakhir sekitar pukul 15.00 Wita. Sementara itu, bapaslon Suyadinata akan menjalani pemeriksaan dari pukul 07.30 Wita hingga pukul 16.00 Wita. “Proses pemeriksaan atau rekam medik akan dilakukan oleh Tim Pemeriksa RSD Mangusada secara tertutup, mengingat ini terkait data pribadi,” ujarnya, Jumat (30/8).

Adapun rangkaian tes kesehatan yang akan dijalani oleh kedua bapaslon meliputi berbagai aspek kesehatan, baik fisik maupun mental. Jenis pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan antara lain pemeriksaan jiwa (rohani), pemeriksaan status penggunaan narkotika, serta pemeriksaan fisik (jasmani). “Semua pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh untuk memastikan bahwa calon berada dalam kondisi kesehatan yang optimal,” kata mantan Panwascam Mengwi ini.

Lebih lanjut dikatakan, pemeriksaan kesehatan fisik meliputi pemeriksaan penyakit dalam, jantung, paru-paru, bedah, urologi, ortopedi, obstetri ginekologi bagi calon perempuan, neurologi, mata, serta telinga, hidung, tenggorok, dan gigi. Sedangkan pemeriksaan kesehatan rohani melibatkan tes psikiatri dan psikologis, serta penilaian terhadap penggunaan zat-zat adiktif seperti narkotika.

Kemudian pemeriksaan penunjang wajib yang akan dilakukan di antaranya adalah pemeriksaan laboratorium darah dan urin, tes fungsi hati dan ginjal, serta pemeriksaan khusus seperti Papsmear untuk calon perempuan dan Prostat Specific Antigen (PSA) untuk calon laki-laki. Pemeriksaan tambahan seperti ultrasonografi abdomen, elektrokardiografi, treadmill test, dan pemeriksaan radiologi juga akan dilakukan sesuai kebutuhan dan indikasi medis.

“Pemeriksaan kesehatan yang menyeluruh ini diharapkan dapat memastikan bahwa calon yang terpilih memiliki kondisi kesehatan yang optimal untuk menjalankan tugas dengan baik,” katanya. 7 ind

Komentar