nusabali

Ramuan, Kiat Bugar Koster Jelang Tes Kesehatan Pilgub Bali

  • www.nusabali.com-ramuan-kiat-bugar-koster-jelang-tes-kesehatan-pilgub-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Setiap pemimpin yang bertanggung jawab atas hajat hidup orang banyak memiliki rahasia tersendiri dalam menjaga kesehatan. Bakal calon Gubernur Bali Wayan Koster memilih warisan usada sebagai modal sehat.

Jelang tahap tes kesehatan bakal pasangan calon yang berlaga di Pilgub Bali 2024, Minggu (1/9/2024), salah satu persiapan Koster adalah mengonsumsi ramuan atau jamu. Di samping puasa minimun delapan jam sesuai arahan tim dokter.

"Sudah puasa minimum delapan jam sesuai arahan pihak rumah sakit dan juga saya minum ramuan," ungkap Koster didampingi wakilnya I Nyoman Giri Prasta saat jumpa pers jelang tes kesehatan di RSUD Bali Mandara, Denpasar, Minggu pagi.

Pulau Dewata memang kaya dengan ramuan herbal tradisional. Orang Bali menyebutnya 'loloh' yang mana sudah diwariskan dari generasi ke generasi melalui lontar-lontar usada dan praktik kebiasaan. Koster memanfaatkan kekayaan Bali ini.

Sementara itu, persiapan Giri sedikit berbeda dengan Koster. Bupati Badung dua periode ini memilih persiapan fisik seperti mengatur pola makan. Selain itu, juga berolahraga sebagaimana ia dan sang anak Bima Nata kerap lakukan dengan mini gym di rumah.

"Kami mengatur pola makan dan olahraga, dan seterusnya dengan disiplin yang kuat. Astungkara sehat," ungkap Giri.

Koster-Giri tampil kasual serba hitam pada Minggu pagi sebelum berganti pakaian pemeriksaan. Koster dengan baju bergaya polo sedangkan Giri berbaju kaus, sama-sama ditimpali dengan celana trening.

Bagi keduanya, tes kesehatan sebagai bakal calon kepala daerah bukan hal baru. Koster sudah pernah menjalani tes semacam ini ketika maju di Pilgub Bali 2018 silam dan Giri sudah dua kali berlaga di Pilgub Badung yakni tahun 2015 dan 2020.

Koster-Giri mengaku telah siap menjalani tes kesehatan sebagai bakal calon kepala daerah. Di mana, enam poin pemeriksaan kesehatan sesuai Keputusan KPU Nomor 1090 Tahun 2024 yakni tes kesehatan jasmani, rohani, narkotika, dan lain-lain akan berlangsung selama dua hari, Minggu ini dan Senin (2/9/2024). *rat

Komentar