nusabali

IBAS Tim Lolos Lomba Internasional

  • www.nusabali.com-ibas-tim-lolos-lomba-internasional

Tim membawakan inovasi Smart Aquaponik, penggabungan green house dengan aquaponik untuk meningkatkan produksi pertanian dan perikanan.

SEMARAPURA, NusaBali
Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika menerima audiensi Innovation Bali Automatic System (IBAS) Tim di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung, Jumat (30/8). 

Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Klungkung, I Ketut Sujana memperkenalkan IBAS Tim yakni I Gusti Bagus Altair Baswara Wijaya siswa SMPN 1 Semarapura, Cakra Radhitya Akbar siswa High Scop Denpasar, dan Edy Saputra ST sebagai trainer. 

IBAS Tim mengikuti kompetisi World Robot Olimpiad (WRO) Indonesia 2024 kategori Future Innovators pada Kelas Junior (10-15 tahun) dengan topik elementary, junior, senior, sustainable future/force of nature yang diselenggarakan oleh ITS Surabaya selama 2 hari, 24-25 Agustus 2024 di Grand City Mall Surabaya. Sujana menambahkan, IBAS Tim meraih juara I pada kompetisi tersebut. Mendapatkan kesempatan mengikuti kompetisi tingkat international di Turki, 2 November 2024 mendatang.

I Gusti Bagus Altair Baswara Wijaya menjelaskan, membawakan inovasi yang diberinama Smart Aquaponik. Penggabungan antara green house dengan aquaponik yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi pertanian dan perikanan. 

Memiliki kelebihan yakni dilengkapi panel otomatisasi yang di dalamnya dipasang 5 sensor yakni sensor suhu ruangan, sensor suhu air, sensor pH air, TDS (Total Dissolved Solids) yang dapat digunakan untuk mengatur nutrisi tanaman, dan sensor cahaya. Sehingga dapat mengontrol smart aquaponik secara mandiri.

Jendrika merasa bangga dan bahagia atas prestasi yang diraih IBAS Tim. Pesannya, selama berkompetisi di Turki jaga nama baik sekolah, Klungkung, Bali, dan Indonesia. “Selamat berkompetisi. Semoga karya robotik yang diciptakan dapat diterapkan oleh masyarakat Indonesia dalam bidang pertanian dan perikanan,” harap Jendrika. 7 wan

Komentar