nusabali

Tak Kuat Nanjak, Truk Muat Kayu Terguling

  • www.nusabali.com-tak-kuat-nanjak-truk-muat-kayu-terguling

NEGARA, NusaBali - Kecelakaan tunggal sebuah truk bermuatan kayu terjadi di Jalan Umum Denpasar-Gilimanuk, kilometer 65-66, Banjar Swastika, Desa Pangyangan, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Minggu (1/9). Truk engkel Hino nopol DK 8193 WJ ini berkahir terguling di jalan setelah setelah gagal menaklukkan tanjakan di lokasi kejadian.

Kapolsek Pekutatan Kompol I Putu Suarmadi mengatakan, kecelakaan di Jalan Umum Denpasar-Gilimanuk, tepatnya di Tanjakan Rudias, itu terjadi pada sekitar pukul 05.30 Wita. Kecelakaan berawal saat truk yang dikemudikan I Putu Septu Wahyudi, 27, asal Banjar Baluk II, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Jembrana, itu melaju dari arah barat menuju timur atau dari arah Gilimanuk menuju Denpasar.

Saat tiba di Tanjakan Rudias dengan kondisi jalan tanjakan tikungan landai ke kanan dan hujan gerimis, truk yang membawa ratusan batang kayu balok, itu tidak kuat menanjak. Alhasil, truk sempat bergerak mundur dan akhirnya terguling dengan posisi menutup sebagian badan jalan pada ruas lajur dari arah Gilimanuk menuju Denpasar.

“Dugaan sementara, kecelakaan ini disebabkan karena truk kelebihan muatan sehingga tidak kuat menanjak. Selain itu, kondisi jalan yang licin akibat hujan gerimis juga kemunginan mempengaruhi," ujar Kompol Suarmadi.

Sang sopir truk masih berhasil selamat dalam kondisi sehat. Namun kecelakaan tersebut mengakibatkan kerusakan pada kendaraan truk tersebut dengan kerugian materiel diperkirakan mencapai Rp1 juta. Selain itu, arus lalu lintas di sekitar lokasi kejadian sempat tersendat.

Petugas kepolisian dari Polsek Pekutatan langsung turun ke lokasi kejadian untuk mengatur lalu lintas. Sempat dilakukan sistem buka-tutup lalu lintas dari kedua arah sambil menunggu derek untuk evakuasi truk tersebut. Sebelum dievakusi, beberapa muatan sempat harus dipindahkan. 

"Setelah beberapa jam, truk berhasil dievakuasi dan arus lalu lintas kembali lancar sekitar pukul 11.30 Wita," tambah Kompol Suarmadi yang juga sempat turun tangan untuk membantu pengaturan lalu lintas di lokasi kejadian. 

Menyikapi kejadian tersebut, Kompol Suarmadi mengimbau kepada seluruh pengguna jalan, khususnya para pengemudi truk, agar selalu berhati-hati saat melintasi jalan yang berkelok dan menanjak. Pengemudi juga dihimbau untuk tidak memaksakan diri membawa muatan melebihi kapasitas kendaraan.7ode

Komentar