nusabali

Bawaslu Tabanan Bentuk Tim, Telusuri ASN Ikut Pendaftaran Paslon

  • www.nusabali.com-bawaslu-tabanan-bentuk-tim-telusuri-asn-ikut-pendaftaran-paslon

TABANAN, NusaBali - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tabanan melakukan rapat pleno terkait temuan oknum perbekel dan ASN yang diduga melanggar. Karena mereka ikut saat pendaftaran paslon bupati dan calon wakil bupati ke KPU Tabanan, Minggu (1/9).

Hasil rapat yang dilakukan secara daring, Bawaslu sepakat melakukan penelusuran terhadap dugaan tersebut. Hasil temuan yang dimaksud adalah oknum perbekel tersebut ditemukan mengapload foto kegiatan pendaftaran paslon I Komang Gede Sanjaya - I Made Dirga ke akun media sosial. Sedangkan ASN yang dimaksud ikut terlibat dalam pendaftaran paslon I Komang Gede Sanjaya - I Made Dirga. 

Ketua Bawaslu Tabanan I Ketut Narta mengatakan hasil rapat pleno memutuskan temuan tersebut bakal ditelusuri. Pihaknya memiliki waktu tujuh hari dalam penelusuran yang dilakukan. "Kami juga bentuk tim dalam penulusuran temuan ini," ujarnya. 

Disebutkan, penelusuran bakal dilakukan mulai tanggal 3 September, langsung terhadap temuan ke lapangan. "Kami lakukan mulai tanggal 3 karena mulai tanggal 2 sampai 3 kami ikut KPU Tabanan dalam verifikasi faktual administrasi paslon," tandasnya. 

Disebutkan Narta, sebelumnya pihaknya sudah mengeluarkan imbauan dan larangan ASN untuk tidak ikut terlibat politik praktis. Itu sebagai upaya pencegahan yang pihaknya lakukan. 

Pihaknya pula sudah berkirim surat ke para pimpinan partai politik di Tabanan agar tidak melibatkan ASN, kepala desa, perangkat desa dan anggota BPD desa saat melakukan pendaftaran paslon.

"Pencegahan-pencegahan seperti ini kami lakukan sebelum masa pendaftaran calon dilakukan. Tapi masih menemukan ASN hingga perbekel terlibat kegiatan politik praktis," bebernya. 

Narta menambahkan karena tahapan pilkada akan berlangsung sampai 27 November nanti. Pihaknya meminta agar seluruh pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik. "Kami imbau ASN untuk tidak terlibat kegiatan apapun yang bersifat politik praktis," pesannya.7des

Komentar