nusabali

Satpol PP Minta Parpol Turunkan Baliho Bapaslon

  • www.nusabali.com-satpol-pp-minta-parpol-turunkan-baliho-bapaslon

MANGUPURA, NusaBali - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Badung meminta yang berisi bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Badung di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Badung untuk diturunkan.

Satpol PP memberi waktu lima hari untuk menurunkan sendiri, bila tidak maka akan diturunkan paksa.

“Kami sudah menghubungi tim sukses masing-masing bapaslon untuk menurunkan sendiri,” ujar Kasatpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, Minggu (1/9).

Selain berkomunikasi dengan parpol pemasang baliho, Satpol PP juga berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), mengingat sudah mulai agenda Pilkada. “Kami memberikan waktu maksimal lima hari untuk menurunkan baliho yang terpasang selama ini. Kalau dengan batas waktu yang kita berikan tidak juga diturunkan, baru kita lakukan penurunan paksa. Namun, kita lihat juga petunjuk dari Bawaslu, mengingat banyak baliho maupun spanduk di beberapa ruas jalan di Badung,” kata birokrat asal Denpasar ini.

Untuk diketahui, ada dua bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Badung yang sudah mendaftar ke KPU Badung untuk berkontestasi pada Pilkada Badung 2024. Dua bapaslon itu yakni I Wayan Adi Arnawa dan I Bagus Alit Sucipta (Adi Cipta) serta I Wayan Suyasa dan I Putu Alit Yandinata (Suyadinata). 

Kedua bapaslon pun juga sudah melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Daerah Mangusada, Kapal, Mengwi, pada Minggu pagi. Hasil pemeriksaan ini akan menjadi penentu kelayakan mereka untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Selama kegiatan pemeriksaan kesehatan yang dimulai pukul 07.00 Wita ini lansung mendapatkan pengamanan dari parat kepolisian. Pengamanan bahkan dipimpin langsung oleh Kapolsek Mengwi Kompol Ketut Adnyana TJ, yang bertindak sebagai Kapam Wil, didampingi oleh beberapa perwira Polres Badung. Pengamanan ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses pemeriksaan kesehatan.

“Kami dari Polres Badung telah mempersiapkan pengamanan yang maksimal untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan pemeriksaan kesehatan berjalan dengan aman dan lancar tanpa ada hambatan berarti,” ujar Kapolsek Mengwi.

Pengamanan yang dilakukan, imbuh Kapolsek Mengwi, juga akan dilakukan pada setiap tahapan pemilihan kepala daerah, termasuk penelitian persyaratan, penetapan, dan pengundian nomor urut bapaslon, sebagai bagian dari Operasi Mantap Praja Agung 2024. 7 ind, cr79

Komentar