nusabali

Kodam IX/Udayana Siagakan Ribuan Personel dan Ranpur

  • www.nusabali.com-kodam-ixudayana-siagakan-ribuan-personel-dan-ranpur

MANGUPURA, NusaBali - Ribuan peserta dari berbagai penjuru dunia dijawalkan hadir dalam Indonesia-Afrika Forum (IAF) ke-2 pada 1-3 September 2024 yang berlangsung di Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan.

Rencananya pembukaan akan dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Guna memberikan rasa aman, ribuan personel dikerahkan.

Selama perhelatan berlangsung, Kodam IX/Udayana bahkan menerjunkan ribuan personel dengan perlengkapannya. Objek yang diamankan menggunakan kendaraan tempir (ranpur) adalah Hotel Intercontinental, Hotel Mulia, Hotel Westin, dan lainnya. 

Dansubsatgas Pengamanan Tempat Kegiatan, Kolonel Inf Arif Susanto, pada Sabtu (31/8) menyampaikan seluruh persiapan pengamanan telah dilaksanakan dengan matang oleh seluruh unsur pengamanan di tempat kegiatan. “Kami bertugas untuk mengkoordinir dan melaksanakan pengamanan pada Ring II dan III di seluruh objek yang akan digunakan sebagai tempat kegiatan VVIP. Kami juga telah melakukan pengecekan menyeluruh terhadap semua fasilitas dan peralatan yang digunakan, termasuk kendaraan tempur dan kendaraan taktis yang dikerahkan,” ungkap Kolonel Inf Arif Susanto yang kesehariannya menjabat sebagai Wadanrindam IX/Udayana ini.

Lebih lanjut dikatakannya, Subsatgas Pam Tempat Kegiatan yang berada di bawah komando Satgas Pamwil terbagi menjadi tiga Objek Pengamanan. Di Hotel Intercontinental dipimpin oleh Danyonif 741/GN Letkol Inf Gafur Thalib, di Hotel Mulia dipimpin oleh Dandim 1609/Buleleng Letkol Kav Angga Nurdyana, dan di Hotel Westin dipimpin oleh Dandim 1616/Gianyar Letkol Cpn I Gede Winarsa.

Sementara itu, Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana selaku Kepala Unsur Pendukung Penerangan Satgas Pamwil menyampaikan bahwa Subsatgas Pengamanan Tempat Kegiatan juga merupakan organisasi pengamanan yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan Subsatgas Pengamanan ini bertugas untuk memastikan kegiatan Gala Dinner dan Meeting dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Oleh sebab itu, kami menghimbau dan mengajak kepada seluruh komponen masyarakat maupun stakeholder lainnya untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dalam rangka menyukseskan even internasional ini, karena hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” imbau Kapendam. 7 pol

Komentar