nusabali

Pembebasan Lahan Jembatan Lembongan-Ceningan Rp 335 Juta/Are

  • www.nusabali.com-pembebasan-lahan-jembatan-lembongan-ceningan-rp-335-jutaare

SEMARAPURA, NusaBali - Pembangunan Jembatan Kuning penghubung Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung terus berproses. Jembatan Kuning saat ini belum representatif karena hanya dapat dilalui kendaraan roda dua dan pejalan kaki.

Biaya pembebasan lahan sudah ditentukan sebesar Rp 335 juta/are. Jembatan penghubung Lembongan-Ceningan ini rencana dibangun dengan panjang 400 meter dan lebar 9 meter agar bisa dilalui kendaraan roda empat. 

Design pembangunan jembatan dibuat oleh Pemprov Bali untuk mendukung Pelabuhan Bias Munjul yang rampung dibangun pada tahun 2023 lalu. Usulan anggaran terus dilakukan ke pemerintah pusat. Kadis PUPRPKP Klungkung I Made Jati Laksana mengatakan, koordinasi terakhir dengan Dinas PU Provinsi Bali segera akan diajukan ke Kementerian PUPR. “Pengerjaan dari kementerian langsung, Dinas PU Provinsi Bali hanya merencanakan saja,” kata Jati Laksana, Senin (2/9).

Proses pembebesan lahan untuk rencana pembangunan jembatan Lembongan-Ceningan sudah selesai dilaksanakan. Lahan yang diperlukan seluas 12 are dari 18 are yang direncanakan (sisanya tanah TN) dengan 3 pemilik. Harga sudah ditetapkan oleh tim appraisal sebesar Rp 335 juta/are. “Sekarang masih proses pembayaran,” ujar Jati Laksana. 7 wan

Komentar