nusabali

Pemain Abroad Indonesia Bergabung

Timnas Harus Waspada Cuaca Panas di Jeddah

  • www.nusabali.com-pemain-abroad-indonesia-bergabung

Di atas kertas, level Arab Saudi jauh di atas Indonesia. Dari ranking FIFA terbaru pada 18 Juli 2024, Arab Saudi peringkat ke-56 dengan 1431,3 poin dan Indonesia di posisi ke-133 dengan nilai 1108,73.

JAKARTA, NusaBali
Tujuh pemain abroad sudah bergabung Timnas Indonesia di Jeddah, Arab Saudi, pada Senin (2/9) dinihari Wita. Mereka pun siap membela Indonesia melawan Arab Saudi pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Lewat postingan dan video timnas Indonesia di media sosial, ketujuh pemain abroad itu, adalah Thom Haye, Rafael Struick, Sandy Walsh, Calvin Verdonk, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, dan Justin Hubner.

Indonesia akan memulai perjuangannya lolos ke Piala Dunia 2026, dengan menghadapi tuan rumah Arab Saudi, di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, Kamis (5/9).

Sedangkan kiper Dallas FC, Maarten Paes, juga dilaporkan dalam perjalanan menyusul Timnas Indonesia ke Arab Saudi. Dia dijadwalkan tiba di Jeddah, Arab Saudi, Selasa (3/9) dinihari Wita. Paes sudah bisa gabung Timnas Indonesia, setelah proses perpindahan federasinya sudah disetujui FIFA.

Maarten Paes pun diproyeksikan jadi kiper utama skuad asuhan STY. Namanya pun masuk dalam daftar pemain yang dipanggil gabung skuad Merah Putih pada jeda internasional September 2024 ini.

Pada bulan September ini, Timnas Indonesia dijadwalkan untuk berlaga dua kali di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Yang Pertama melawan Timnas Arab Saudi dan disusul laga lawan Timnas Australia.

Empat hari berselang, atau Selasa (10/9), tim Garuda akan menjamu Austtalia dalam matchday kedua Grup C, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) memanggil 26 pemain untuk kedua laga tersebut, dengan rincian 12 dari Liga 1, 13 abroad, dan satu tanpa klub. Timnas tiba di Jeddah, Arab Saudi, Minggu (1/9) malam WITA.

"Target mendapatkan hasil yang baik, ya akan berusaha semaksimal mungkin dan saya bukan Tuhan jadi saya tidak bisa tahu," ujar STY, soal target kontra Arab Saudi.

"Tetapi tetap, bola itu bundar jadi situasi berubah akan seperti apa, tidak ada yang tahu juga. Tetapi kami akan berusaha semaksimal mungkin," jelas STY.

Di atas kertas, level Arab Saudi memang jauh di atas Indonesia. Merujuk ranking FIFA terbaru pada 18 Juli 2024, Arab Saudi menempati peringkat ke-56 dengan 1431,3 poin. Sedangkan Indonesia di posisi ke-133 lewat nilai 1108,73.

Sebelumnya, saat mendarat di King Abdulaziz International Airport, Jeddah, Minggu. Garuda disambut Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah. 

Jelang laga tersebut, satu yang harus diwaspadai Timnas Indonesia adalah cuaca. Menurut Arabiaweather.com, pada 5 September malam, cuaca diprediksi cerah dengan suhu sekitar 35 derajat celcius. Laga digelar malam hari karena pada sore suhu mencapai 39 derajat.

Suhu 35 derajat termasuk yang terpanas untuk saat ini di Jakarta dan itu terjadi pada siang hari. Bagi pemain yang bermukim di Asia Tenggara, ini tentu bukan masalah besar.

Namun, bagi pemain abroad Eropa, harus waspada. Di Eropa sudah memasuki musim gugur dengan suhu terpanas 27 derajat celcius. *

Komentar