nusabali

Dishub Tabanan Inspeksi Kelaikan Kendaraan

  • www.nusabali.com-dishub-tabanan-inspeksi-kelaikan-kendaraan

TABANAN, NusaBali - Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan lakukan ramp check atau inspeksi keselamatan lalu lintas kendaraan. Inspeksi yang menyasar kendaraan umum dan angkutan barang ini mulai dilakukan sejak 2 September. Hasilnya, dari 11 unit kendaraan yang diperiksa, tiga kendaraan ditemukan sertifikat uji berkala atau wajib uji tak diperpanjang.

Kepala Sesi Keselamatan Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan I Made Sunarta, mengatakan ramp check adalah kegiatan rutin yang dilakukan tiap tahun. Tujuannya untuk meningkatkan dan mewujudkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. “Ramp check kali ini kita lakukan menyasar Terminal Bajera hingga kendaraan sekolah di Kecamatan Selemadeg Barat,” ujar Sunarta, Selasa (3/9). 

Disebutkan dari hasil inspeksi yang dilakukan pada dasarnya seluruh kendaraan umum dan angkutan barang yang diperiksa dalam kondisi baik. Namun ada beberapa kendaraan yang ditemukan tidak memperpanjang wajib uji. “Dari 11 kendaraan yang kami periksa, tiga kendaraan kami dapati tak perpanjang wajib uji,” tegasnya. 

Terhadap temuan itu, menurut Sunarta, pengemudi telah diberikan teguran untuk segera melengkapi kelaikan kendaraan sesuai dengan aturan yang berlaku. “Kesimpulan dari hasil ramp check yang kami sasar di Terminal ajera dan bus sekolah di Kecamatan Selemadeg Barat, dari segi kelaikan masih dalam kondisi baik,” katanya. 

Dia menambahkan dalam urusan ramp check tersebut ada beberapa jenis yang diperiksa. Mulai dari dokumen kendaraan, kelengkapan kendaraan, dan perlengkapan darurat. “Kegiatan ini bakal berlangsung sepekan, besok (hari ini) rencana kami menyasar ke daerah Baturiti,” ucap Sunarta. 7 des

Komentar