nusabali

Berkah Hari Kemerdekaan, Stok Darah di Tabanan Aman

  • www.nusabali.com-berkah-hari-kemerdekaan-stok-darah-di-tabanan-aman

TABANAN, NusaBali - Bulan perayaan HUT ke–79 Kemerdekaan RI, Agustus 2024, membawa berkah bagi Unit Donor Darah (UDD) PMI Tabanan. Sebab saat ini stok darah masih dalam kategori aman atau mencukupi.

Data per 3 September 2024, untuk golongan darah A tersedia 97 kantong, golongan darah B 110 kantong, golongan darah O tersedia 147 kantong, golongan darah AB tersedia 7 kantong. Total ada 354 ketersediaan darah di Kabupaten Tabanan. 

Kepala UDD PMI Kabupaten Tabanan dr Nyoman Gede Sumardika, menegaskan stok darah untuk saat ini di UDD PMI Tabanan mencukupi. Diakui kondisi tersebut karena berkah hari kemerdekaan yang banyak adanya kegiatan donor darah. “Dari tanggal 1 sampai 25 Agustus itu full ada kegiatan donor darah. Ini berkah,” ujarnya, Selasa (3/9). 

Menurutnya dengan jumlah 354 kantong yang tersedia itu bakal cukup untuk pemenuhan selama beberapa hari ke depan. Sebab tiap harinya stok darah habis sampai 50 kantong. “Jadi jumlah ketersediaan ini mencukupi sekali. Tidak sampai ada darah yang kosong. Rata-rata semua darah ada stok, terbanyak itu yang golongan darah O,” kata dr Sumardika. 

Kondisi ini pun sangat disyukuri oleh dr Sumardika. Dibandingkan beberapa bulan sebelumnya atau sejak Mei 2024 stok darah sangat tipis. Hanya tersedia 40 kantong di masing-masing golongan darah. 

Sebagai antisipasi untuk menjaga ketersediaan stok, pihaknya bakal rutin menghubungi komunitas yang ada di Tabanan maupun luar Tabanan untuk melakukan kegiatan donor darah. Apalagi dalam hal ini nomor telepon yang bersangkutan sudah dicatat. Jadi seandainya ketersediaan mulai menipis pihaknya akan menghubungi komunitas tersebut. 

“Kami akan atur jadwal, biasanya kegiatan donor darah dilakukan saat hari libur, menyesuaikan pendonor. Dan pendonor kita di Tabanan paling banyak itu laki-laki mulai dari usia 17 tahun sudah banyak yang aktif donor,” ucap dr Sumardika. 7 des

Komentar