nusabali

Arnawa Pimpin DPRD Tabanan

Golkar Belum Setor Kandidat Pimpinan Dewan

  • www.nusabali.com-arnawa-pimpin-dprd-tabanan

Dalam rapat paripurna kemarin juga diumumkan struktur pimpinan dan keanggotaan fraksi-fraksi di DPRD Tabanan

TABANAN, NusaBali 
Politisi senior PDIP Tabanan Nyoman Arnawa alias Komet diumumkan sebagai Ketua DPRD Tabanan periode 2024-2029 dalam rapat paripurna yang digelar perdana di Gedung DPRD Tabanan, Selasa (3/9). 

Selain menetapkan pucuk pimpinan dewan, paripurna juga mengumumkan kandidat wakil ketua dan pimpinan fraksi-fraksi. Sementara Fraksi Golkar belum menyerahkan nama untuk menjabat pimpinan dewan.

Pengumuman wakil ketua dewan dan ketua fraksi kemarin hanya dari PDIP, Gerindra dan Demokrat yang bergabung menjadi satu fraksi. Sesuai aturan yang berlaku, PDIP sebagai pemenang Pemilu 2024 berhak atas kursi Ketua DPRD Tabanan. Sehingga Arnawa yang ditunjuk PDIP, otomatis sebagai ketua dewan. 

Kemudian Gerindra sebagai partai pemenang kedua Pemilu 2024 di Tabanan mendapatkan jatah Wakil Ketua I. Adalah I Putu Gede Juliaastrawan yang juga Ketua DPC Gerindra Tabanan ditetapkan sebagai wakil ketua. Sementara Golkar yang dijatah Wakil Ketua II belum setorkan kandidat pimpinan dewan.

Ketua Sementara DPRD Tabanan, I Made Dirga mengatakan, calon-calon pimpinan DPRD Tabanan periode 2024-2029 tersebut akan ditetapkan dengan keputusan DPRD Tabanan yang dituangkan dalam berita acara.

“Yang selanjutnya akan diajukan ke Gubernur Bali melalui Bupati Tabanan untuk diresmikan pengangkatannya dengan keputusan Gubernur,” tegas Dirga. 

Dalam rapat paripurna kemarin juga diumumkan struktur pimpinan dan keanggotaan fraksi-fraksi di DPRD Tabanan oleh Sekretaris DPRD Tabanan I Made Sugiarta.

I Putu Eka Putra Nurcahyadi dipercaya sebagai Ketua Fraksi PDIP DPRD Tabanan. Eka Nurchayadi didampingi I Wayan Widnyana sebagai wakil ketua, I Wayan Lara sebagai sekretaris, dan Ni Made Suryani sebagai bendahara.

Sementara Fraksi Gerindra dikomandani sosok srikandi, Ni Nengah Sri Labantari. Sri Labantari didampingi I Wayan Wiryadana sebagai sekretaris dan I Nyoman Gede Andika sebagai bendahara. Yang menarik, keanggotaan Fraksi Gerindra juga bergabung satu anggota DPRD Tabanan dari Demokrat yakni I Ketut Semara Putra.

Sekwan DPRD Tabanan Made Sugiarta mengatakan, struktur dari Partai Golkar yang belum diumumkan, karena Sekretariat Dewan Tabanan belum menerima  surat keputusan. “Kita belum menerima, masih ada waktu mudah-mudahan besok (hari ini,red) turun, kemudian kita paripurnakan lagi menyusul,” ujar Sugiarta.

Disebutkan Sugiarta, sesuai ketentuan perundang-undangan, ada waktu 30 hari sejak anggota DPRD dilantik, agar mengumumkan fraksi-fraksi dan susunan pimpinannya, berikut calon pimpinan DPRD definitif. Dengan demikian, masih ada waktu bagi Golkar untuk menyampaikan keputusannya terkait susunan pimpinan fraksi dan calon wakil ketua dewan sampai, Kamis (5/9) besok.

Sugiarta juga menjelaskan, penetapan pimpinan DPRD Tabanan periode 2024-2029 tersebut akan didasarkan pada surat keputusan atau SK Gubernur Bali.“Kami sudah buatkan berita acaranya untuk diajukan ke gubernur. Kapan turunnya (SK tersebut), baru kami bisa melaksanakan paripurna untuk penetapannya,” terang Sugiarta.

Sementara terkait dengan calon wakil ketua dan susunan pimpinan Fraksi Golkar di DPRD Tabanan belum ada kejelasan dari DPD II Partai Golkar Tabanan. Ketua DPD II Partai Golkar Tabanan, I Nyoman Wirya yang dikonfirmasi NusaBali belum bisa dimintai keterangan. Saat dihubungi melalui ponselnya tidak direspon.des

Komentar