nusabali

Siswa SMAN 1 Denpasar Borong Medali Emas Kontingen Bali

Melihat Prestasi Provinsi Bali di Ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2024 Jenjang SMA Sederajat

  • www.nusabali.com-siswa-sman-1-denpasar-borong-medali-emas-kontingen-bali

Selain menambah pengalaman, mengikuti ajang seperti OSN juga memberikan rasa percaya diri para siswa memasuki jenjang berikutnya di perguruan tinggi

DENPASAR, NusaBali 
Siswa SMA Negeri 1 Denpasar (Smansa) tampil maksimal pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 jenjang SMA/MA/sederajat. Anak didik sekolah yang beralamat di kawasan pendidikan Jalan Kamboja, Denpasar ini membawa pulang 5 medali termasuk memborong 2 medali emas untuk kontingen Bali. 

SMAN 1 Denpasar pada tahun ini meloloskan 7 siswa ke OSN tingkat nasional, terbanyak dari sekolah lainnya di Bali. Mereka berhasil membawa pulang 2 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Adapun medali emas diraih I Wayan Wahyu Amerta,16, kelas XI-1 (bidang Fisika) dan I Putu Dickson Partha Hartopo,17, kelas XII-7 (Ekonomi). 

Medali perak diraih Kadek Aditya Atmaja Putra Prasetya,17, kelas XII-1 (Kimia) dan I Nyoman Bayu Udiyana,16, kelas XI-1 (Fisika). Sementara itu medali perunggu didapat Kadek Nasya Kanti Nariswari,17, kelas XII-1 (Biologi). 

Babak final OSN 2024 berlangsung di Jakarta, 27-31 Agustus 2024. Kontingen Bali membawa 26 siswa berprestasi yang sebelumnya memenangkan OSN tingkat provinsi. Dari 9 kategori lomba yang dipertandingkan, kontingen Bali meraih total 2 emas, 3 perak, dan 2 perunggu. 


Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 1 Denpasar Made Rida SPd MPd menyampaikan rasa syukur dan bangga terhadap pencapaian anak didiknya dalam ajang OSN tahun ini. Menurutnya prestasi para siswa tidak hanya berkat pendidikan di sekolah, namun juga dukungan banyak pihak termasuk orangtua. “Suksma bapak/ibu guru pembina, orangtua siswa, pengurus komite dan anak-anak Smansa yang hebat,” ujarnya, Selasa (3/9). 

Bidang yang diperlombakan dalam OSN, dipelajari melalui bidang studi di sekolah. Meski demikian menjelang OSN, mulai tingkat kabupaten/kota, para pembina memberikan pelatihan ekstra, terutama ketika siswa lolos ke tingkat nasional. Rida mengatakan, seluruh siswa di SMAN 1 Denpasar mengambil peminatan sains atau IPA. Selain menambah pengalaman, mengikuti ajang seperti OSN juga memberikan rasa percaya diri para siswa memasuki jenjang berikutnya di perguruan tinggi. 

“Semoga prestasi yang diraih siswa di OSN menjadi motivasi siswa yang lain di bidang masing-masing,” tandasnya. Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali, Ngurah Bagus Gede Pasek Wira Kusuma juga menyampaikan rasa bangganya kepada para kontingen dari Bali yang telah berhasil meraih prestasi di ajang OSN.

“Astungkara, atas raihan prestasi dari siswa Provinsi Bali yang telah berjuang dalam ajang prestasi talenta atau OSN tahun 2024, tiang ucapkan selamat,” ungkapnya.

“Semoga hasil yang sudah dicapai di ajang OSN ini bisa dipertahankan ke depannya, dan bagi yang belum agar tetap berjuang untuk tahun depan. Bagi sekolah yang mewakili siswanya di ajang OSN ini diharapkan mampu memberikan dampaknya bagi satuan pendidikan yang belum mengirimkan siswanya,” ujarnya. 7 a


Prestasi Bali Di Ajang OSN 2024

Medali Emas
I Wayan Wahyu Amerta SMAN 1 Denpasar (Fisika)
I Putu Dickson Partha Hartopo SMAN 1 Denpasar (Ekonomi)

Medali Perak
Kadek Aditya Atmaja Putra Prasetya SMAN 1 Denpasar (Kimia)
I Nyoman Bayu Udiyana SMAN 1 Denpasar (Fisika)
Putu Rizki Manik Widiadnyana SMAN 1 Singaraja (Informatika)

Medali Perunggu
Jonathan Sebastian Sindhu SMAN 4 Denpasar (Informatika)
Kadek Nasya Kanti Nariswari SMAN 1 Denpasar (Biologi)

Best Bussiness Case
Abi Dhamma Manggala SMAN 4 Denpasar (Ekonomi)

Komentar