nusabali

Pemkot Denpasar Gencarkan Sosialisasi Pertanian Presisi

  • www.nusabali.com-pemkot-denpasar-gencarkan-sosialisasi-pertanian-presisi

DENPASAR, NusaBali - Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar gencarkan sosialisasi pertanian presisi, yakni proses bertani berbasis teknologi guna meningkatkan minat warga untuk kembali bertani.

Hal itu dikemukakan Kepala Distan Kota Denpasar Anak Agung Gde Bayu Brahmasta usai melakukan sosialisasi di Gedung Santi Graha Denpasar, Selasa (3/9). Kata dia, sosialis tersebut digelar sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani serta mendukung terwujudnya pertanian berbasis teknologi. 

Pertanian presisi memungkinkan petani untuk melakukan tindakan yang lebih tepat sasaran dalam pengelolaan lahan dan tanaman mereka. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi pertanian.

“Di era sekarang, di mana tantangan pangan dan lingkungan semakin mendesak, penerapan pertanian presisi bukan lagi sebuah pilihan. Tetapi keharusan untuk menjaga keberlanjutan pertanian dan ketahanan pangan di Kota Denpasar,” kata Gung Bayu.

Gung Bayu mengatakan dengan kemajuan teknologi pertanian presisi, petani memiliki kesempatan untuk meningkatkan hasil panen, mengurangi penggunaan sumber daya seperti air dan pupuk, serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Di sisi lain, penerapan pertanian presisi juga menuntut kita untuk lebih terbuka terhadap perubahan dan inovasi. 

Kegiatan ini diikuti sebanyak 60 orang terdiri dari perwakilan pekaseh, petani muda, dan OPD terkait. Narasumber dalam kegiatan ini dari PT Pupuk Indonesia, Universitas Udayana, ITB Stikom Bali, dan P4S Pemuda Keren Gobleg. 7 mis

Komentar