nusabali

Tumpukan Sampah Terbakar

  • www.nusabali.com-tumpukan-sampah-terbakar

GIANYAR, NusaBali - Petugas Damkar Gianyar memadamkan api pada tumpukan sampah di Jalan Raya Selukat, Lingkungan Delod Peken, Desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Rabu (4/9).

Api tiba-tiba menyala pada tumpukan sampah, padahal tidak ada pembakaran sampah. Warga yang melihat kejadian itu langsung menghubungi Kabid Kedaruratan dan Logistik Damkar Gianyar, I Gusti Ngurah Dibya Presasta. 

Gusti Ngurah Dibya mengatakan, warga tidak tahu secara pasti munculnya api pada tumpukan sampah. “Apa ada yang membuang putung rokok atau sebab lain, kata warga tiba-tiba ada api,” ungkapnya. Warga juga memastikan tidak ada yang membakar sampah. “Lokasinya di belakang rumah, sangat rawan, tidak mungkin orang bakar sampah,” imbuhnya. 

Dia mengapresiasi warga yang gerak cepat melakukan antisipasi. “Jam-jam tertentu panasnya luar biasa di beberapa wilayah Gianyar,” ungkap Gusti Ngurah Dibya. Dia mengimbau masyarakat lebih waspada. “Hati-hati membiarkan api kecil atau bara yang menyala di luar ruangan, cuaca panas dan angin kencang bisa membuat api membesar,” ujarnya. 

Terpisah, Kabid Damkar Gianyar Putu Pradana mengatakan, luas lahan yang terbakar sekitar 20 are. “Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan,” jelas Pradana. 7 nvi

Komentar