nusabali

Indonesia Lakoni Laga Bersejarah Melawan Arab Saudi

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Putaran Ketiga

  • www.nusabali.com-indonesia-lakoni-laga-bersejarah-melawan-arab-saudi

JAKARTA, NusaBali - Timnas Indonesia akan melakoni partai bersejarah melawan Arab Saudi pada laga pembuka putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C.

Ini adalah pertama kalinya Indonesia berlaga pada putaran ketiga. Indonesia lolos ke putaran ketiga setelah menjadi runner up Grup F di putaran kedua dengan 10 poin, di bawah Irak yang sempurna dengan 18 poin.

Laga Arab Saudi melawan Indonesia akan berlangsung di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi pada, Kamis (5/9) malam waktu setempat atau Jumat (6/9) dini hari pukul 01.00 WIB atau pukul 02.00 Wita. Laga ini akan sangat penting bagi Tim Garuda untuk memperoleh hasil maksimal demi mendapatkan dua tiket otomatis melaju ke Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Indonesia tentu tak ingin mengawali putaran kualifikasi seperti pada putaran kedua saat mereka dikalahkan Irak di Basra dengan skor 1-5. Laga melawan Arab Saudi dipastikan menjadi laga yang tak mudah bagi pasukan Shin Tae-yong. Pasalnya, Arab Saudi merupakan tim peringkat 56 dunia yang pada edisi terakhir turut serta meramaikan Piala Dunia 2022 di Qatar. Saat itu, tim yang kini diasuh oleh pelatih Roberto Mancini tersebut sempat membuat jagad sepak bola heboh setelah mereka mengalahkan Argentina pada laga pembuka dengan skor 2-1.

Ranking FIFA Arab Saudi jauh di atas Timnas Indonesia. Tim berjuluk Elang Hijau tersebut berada di ranking ke-56. Sementara Timnas Indonesia masih tercecer di peringkat ke-133. Catatan pertemuan kedua tim juga menggambarkan semuanya. Tim Garuda selalu inferior saat jumpa Arab Saudi. Dikutip dari situs 11vs11, Timnas Indonesia sudah 11 kali bertemu dengan Arab Saudi. Hasilnya, Timnas Indonesia hanya 1 kali imbang dalam 11 pertemuan. Sisanya, tim Merah Putih selalu kalah.

Satu-satunya hasil imbang terjadi pada 7 Oktober 2011 saat Timnas Indonesia masih dilatih oleh Wim Rijsbergen. Kekalahan terbesar terjadi pada Kualifikasi Piala Asia 2004 pada 17 Oktober 2003. Kala itu, Timnas Indonesia kalah 0-6 dari Arab Saudi. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi satu dekade yang lalu. Saat itu, Timnas Indonesia bertemu di Kualifikasi Piala Asia 2015. Timnas Indonesia kalah 0-1 di markas Arab Saudi.

Namun, bukan berarti mereka tak punya celah untuk dikalahkan. Sejak ditangani Mancini yang memiliki titel pelatih kelas dunia sejak 27 Agustus 2023, performa The Falcons masih tak stabil setelah mengemas enam kemenangan dan lima kekalahan dari 14 laga. Mereka mencetak 23 gol dan kebobolan cukup banyak yaitu 18 gol.

Dari lima laga terakhir, celah tim peringkat 56 dunia itu juga masih terlihat setelah mereka hanya meraih dua kemenangan, satu seri, dan dua kekalahan, salah satunya terjadi di laga terakhir mereka. Momentum tersebut perlu dimanfaatkan Indonesia yang dari lima laga terakhir meraih tiga kemenangan, satu seri, dan satu kekalahan.

Pada laga terakhir, Garuda memetik kemenangan penting dengan skor 2-0 atas Filipina. Kemenangan ini tak sekadar tiga poin tetapi sekaligus mengantarkan Merah Putih memastikan langkahnya ke putaran ketiga.

Sebelumnya Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memastikan persiapan maksimal dilakukan anak asuhnya untuk menghadapi laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. "Memang persiapan harus baik. Apalagi ini pertama kali kita ke putaran tiga artinya kita harus lebih fokus lagi, lebih bekerja keras lagi. Pastinya dari pemain sendiri dia akan melakukan yang terbaik," ujar Shin Tae-yong (STY) kepada awak media saat mengawal latihan Timnas Indonesia di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Sabtu lalu.

Menanggapi pertanyaan terkait beberapa pemain timnas yang tidak bergabung dalam latihan karena bermain di liga asing, STY mengatakan semuanya akan bertemu di Jeddah, Arab Saudi beberapa hari menjelang pertandingan. "Pemain yang di luar nanti langsung kumpul ke Jeddah, ada yg tanggal 1, ada yang tanggal 2," ujarnya.

Timnas Indonesia akan mengawali laga pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan laga tandang melawan Arab Saudi pada 5 September mendatang. STY membawa sebanyak 26 pemain untuk laga melawan Timnas Arab Saudi yang dilatih pelatih asal Italia Roberto Manchini. 7 ant


PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi; Rizky Ridho, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On; Thom Haye, Ivar Jenner, Asnawi Mangkualam, Calvin Verdonk; Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick.

Arab Saudi: Muhammad Al-Owais; Ali Al-Bulaihi, Hassan Al-Tambukti, Saud Abdulhamid, Sultan Al-Ghannaml; Nasser Al-Dosari, Faisal Al-Ghamdi, Mukhtar Ali; Marwan Al-Sahafi, Abdul-Rahman Gharib, Muhammad Maran.

Komentar