nusabali

Kunjungan ke GWK Cultural Park Meningkat di Hari Biasa

  • www.nusabali.com-kunjungan-ke-gwk-cultural-park-meningkat-di-hari-biasa

MANGUPURA, NusaBali - Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park kembali mencatat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan secara signifikan pada Agustus 2024.

Setidaknya, ikon wisata yang berlokasi di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung itu dikunjungi rata-rata 4.000 wisatawan per minggu. Angka ini meningkat dari bulan sebelumnya yang hanya mencapai 3.200 orang per minggu.

“Kunjungan wisatawan internasional juga mengalami kenaikan, dari sebelumnya hanya 15 persen menjadi 30 persen. Namun, belakangan ini terjadi anomali dalam pola kunjungan. Jika biasanya akhir pekan ramai, kini justru lebih sepi dibandingkan hari biasa,” kata Marketing Communication Division Head GWK Cultural Park Andre Prawiradisastra pada Rabu (4/9) siang.

Dalam upaya mempertahankan kualitas pelayanan seiring dengan meningkatnya kunjungan, GWK Cultural Park telah menerapkan Standard Operating Procedure (SOP) baru bernama SEA (Service, Excellence, Ambassador). Program ini dirancang untuk meningkatkan standar pelayanan di semua aspek, mulai dari cara menyapa pengunjung, menjawab pertanyaan, hingga menangani keluhan.

“SEA dibentuk tiga bulan lalu dan sejak itu kami tidak menerima satu pun komplain dari pengunjung dalam dua bulan terakhir,” tambah Andre.

Andre menjelaskan, sebelum implementasi SEA, keluhan yang diterima biasanya berkisar pada jarak yang terlalu jauh di dalam kawasan, cuaca yang panas, serta harga tiket yang dianggap mahal. Keluhan-keluhan ini dikumpulkan melalui survei langsung di lapangan dan review online. Berdasarkan evaluasi terhadap keluhan-keluhan tersebut, GWK kemudian mengembangkan SEA yang tidak hanya berfokus pada peningkatan layanan, tetapi juga menawarkan solusi alternatif untuk masalah yang mungkin timbul.

“Kami berusaha untuk memberikan pemahaman kepada pengunjung mengenai pengalaman yang akan mereka alami, serta menyediakan opsi solusi agar mereka merasa lebih nyaman,” jelas Andre.

Bertepatan dengan perayaan Hari Pelanggan Nasional tahun ini, GWK Cultural Park juga memberikan apresiasi khusus kepada pengunjung. Restoran Jendela Bali, yang berada di dalam kawasan, membagikan cookies dan air mineral gratis kepada para pelanggan. Selain itu, pengunjung juga menikmati promo diskon 10 persen untuk makanan dan minuman pada hari tersebut.

“Dengan strategi pelayanan yang semakin baik dan pendekatan proaktif dalam menangani potensi keluhan, kami tidak hanya berhasil meningkatkan jumlah kunjungan, tetapi juga memastikan setiap pengunjung mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan,” kata Andre. 7 ol3

Komentar