nusabali

Wabup Suiasa Terima Tim Verifikasi STBM Award 2024

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-terima-tim-verifikasi-stbm-award-2024

MANGUPURA, NusaBali - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menerima tim verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award Tahun 2024 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Puspem Badung, Rabu (4/9).

Kehadiran tim verifikasi STBM Award 2024 ini merupakan kegiatan lanjutan serangkaian dari bedah dokumen, lantaran Badung masuk dalam nominasi.

Rombongan dari tim verifikasi STBM Award 2024 dipimpin langsung S Faisal Farouq. Selain diterima Wabup Suiasa, beberapa kepalada OPD terkait juga turut mendampingi, seperti Kadis Kesehatan dr Made Padma Puspita bersama tim dari OPD terkait Lingkup Pemkab Badung, Ketua MUI Kabupaten Badung.

Wabup Suiasa yang ditemui seusai menerima tim verifikasi STBM Award 2024 dari Kementerian Kesehatan, mengatakan kegiatan ini merupakan lanjutan serangkaian dari bedah dokumen yang telah dilakukan oleh tim Kementerian Kesehatan pada Agustus lalu, di mana Badung masuk nominasi untuk menentukan peringkat dalam STBM Award 2024.

“Saya bersama Kadis Kesehatan tentu berharap Badung bisa meningkatkan kualitas dan standar pelaksanaan STBM dari Standar Madya ke Standar Paripurna, karena sebelumnya Badung sudah tiga kali berturut-turut meraih Kategori Madya dan sudah sepantasnya untuk bisa kita tingkatkan,” ujar Wabup Suiasa.

Menurut Wabup Suiasa, untuk mewujudkan itu semua tentu dituntut adanya komitmen pemerintah terkait dengan regulasi, kebijakan-kebijakan program melalui politik anggaran sampai ke tingkat desa. Dan yang terpenting, lanjutnya, adalah sejauh mana peran masyarakat dan pengusaha dalam STBM bisa terwujud dengan baik, melalui penerapan lima pilar yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS), Pengelolaan Air Limbah Domestik Rumah Tangga (PALDRT), Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga (PAMMRT), Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (PSRT) dan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Sementara S Faisal Farouq menyampaikan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari bedah dokumen yang sudah kami lakukan pada Agustus lalu terhadap dokumen STBM yang dilanjutkan dengan verifikasi lapangan. Tujuannya untuk melihat kesiapan Kabupaten Badung untuk melaksanakan STBM Award 2024.

“Kami sangat mengapresiasi pemerintah Kabupaten Badung atas penerimaan dan pendampingannya dan berharap Badung bisa meningkatkan standar pelaksanaan dari Madya ke Standar Paripurna yang dibarengi dengan meningkatnya derajat kesehatan masyarakat Badung,” ujarnya. @ ind

Komentar