nusabali

Minikino Film Week 10 Siap Digelar

Berlangsung di 17 Lokasi di Seluruh Bali

  • www.nusabali.com-minikino-film-week-10-siap-digelar

DENPASAR, NusaBali - MFW10 akan menampilkan 64 program pemutaran, 26 kegiatan Short Film Market, dan 7 program edukasi untuk menjangkau publik yang lebih beragam.

Minikino Film Week 10 (MFW10) Bali International Short Film Festival akan segera digelar merayakan tahun ke-10 penyelenggaraannya. Rangkaian acara MFW10 dijadwalkan berlangsung dari tanggal 13-20 September 2024 di 17 lokasi yang tersebar di seluruh Bali.  

Di usianya yang ke-10 tahun, MFW berkomitmen untuk memperkuat simpul ekosistem film pendek baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional, menghadirkan karya-karya kreatif dari berbagai penjuru dunia.

Direktur Festival MFW10, Edo Wulia, menyatakan bahwa tujuan utama festival ini adalah membangun simpul yang saling mendukung di antara pembuat film, pendana, dan industri, demi keberlanjutan para filmmaker. 

“Kami berupaya menciptakan ekosistem yang mendukung dan berkelanjutan bagi seluruh pelaku industri film pendek,” ujar Edo dalam konferensi pers di Denpasar, Rabu (4/9). 

Lebih jauh, Minikino memiliki visi utama untuk mendorong masyarakat agar lebih memahami dan menghargai budaya sinema, melalui berbagai program yang ditawarkan selama festival berlangsung.

Pada tahun ini, MFW10 menerima 1.231 film dari platform Filmfreeway dan Short Film Depot, dengan 293 film pendek dari 62 negara termasuk film-film dari Indonesia yang akan ditayangkan. 

MFW10 akan menampilkan 64 program pemutaran, 26 kegiatan Short Film Market, dan 7 program edukasi untuk menjangkau publik yang lebih beragam. Dalam 8 hari penyelenggaraan, lebih dari 190 kegiatan akan berlangsung di 17 lokasi berbeda di seluruh Bali.

Tema visual MFW10 tahun ini mengangkat budaya dan sejarah, terinspirasi oleh karya foto Syafiudin Vifick menggunakan kamera lubang jarum buatannya sendiri. Karya ini dibuat untuk mengenang Mama Elizabeth Kalahe atau Mama Beri, pembuat kain kulit kayu terakhir di Lembah Bada, yang wafat pada bulan Juli lalu. 

Foto tersebut diambil di lokasi patung Palindo Megalitikum, atau dikenal juga sebagai patung Sepet, salah satu dari ratusan patung kuno yang ditemukan di Lembah Bada, Poso, Sulawesi Tengah, dalam wilayah Taman Nasional Lore Lindu.

Tahun ini MFW10 Bali International Short Film Festival akan digelar di 17 lokasi berbeda yang tersebar di seluruh Bali. Festival Lounge atau tempat titik temu festival berada di MASH Denpasar (2 layar). Selebihnya, di Kota Denpasar seperti di Alliance Française Bali, Kebun Berdaya Natah Rare, Dharma Negara Alaya, Double Bee, LSPR Bali, Marmarherrz, Pantai Karang Sanur, Puri Ayu Hotel, Tetuek Sangmong, dan The Rooms. 

Selain itu, acara juga akan berlangsung di kabupaten lainnya, seperti Kedai Kopi Dekakiang di Buleleng, Kulidan Kitchen & Space di Gianyar, Desa Adat Pagi di Tabanan, Geo Open Space dan Uma Seminyak di Badung. 

Pemilihan lokasi-lokasi ini adalah komitmen untuk memproduksi ruang sosial yang dihidupkan oleh budaya sinema yang juga mendorong tindakan sosial. MFW10 menyikapi ruang tidak melulu dalam artian fisik, tetapi juga sebagai wadah interaksi sosial dan budaya. 

Fransiska Prihadi, Direktur Program MFW, menjelaskan bahwa upaya ini merupakan bagian dari produksi ruang sosial, di mana ruang dipersepsikan melalui hubungan antara aktivitas sosial, kehidupan pribadi, dan waktu yang melebur dalam budaya sinema.

“Konsep ruang di MFW10 lebih dari sekadar tempat menonton film. Ini adalah upaya kolektif untuk membangun jaringan yang menghubungkan berbagai aktivitas sosial dalam ruang yang dekat dengan keseharian kami,” jelas Fransiska. 

Dengan demikian, bagi Fransiska ruang tidak hanya menjadi tempat fisik, tetapi juga menjadi bagian penting dari reproduksi pengetahuan dan wacana mengenai perkembangan daerah dan komunitas di dalamnya. 

Melalui program-programnya, Minikino mengajak berbagai komunitas dan pengunjung untuk lebih mengenali dan memahami bagaimana ruang dan budaya layar dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai lini ekosistem.

“Film pendek merupakan medium luwes untuk membicarakan berbagai wacana dan lapisan masyarakat, sehingga ia bisa menjangkau banyak komunitas,” kata I Made Suarbawa, Direktur Traveling Cinema. 7 a

Komentar