nusabali

Pertama Kali Digelar di Bali, Aquabike Indonesian Championship Digelar di Lovina

  • www.nusabali.com-pertama-kali-digelar-di-bali-aquabike-indonesian-championship-digelar-di-lovina

DENPASAR, NusaBali - Aquabike Indonesian Championship pertama kalinya akan digelar di Bali pada 6-8 September 2024.

Kegiatan ini akan diselenggarakan di Pantai Lovina, Buleleng yang akan diikuti puluhan peserta dari seluruh Indonesia. 

Project Director dari promotor balap Ocean Drive Sports Ricky Wirjan saat konferensi pers di Denpasar, Rabu (4/9), mengatakan tuan rumah sekaligus memberikan fasilitas kejuaraan nasional jetski ini yakni Krisna Watersports. Karenanya kejuaraan olahraga air ini bertajuk ‘Krisna Watersports Aquabike Indonesian Championship Menpora Cup Round-3’. 

Kejuaraan nasional ini merupakan putaran ketiga dari rangkaian kejuaraan yang telah dimulai di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara, dan dilanjutkan di Pantai Mutiara, Jakarta. Sebanyak 30 pembalap akan bersaing dalam kategori Endurance dan Parallel Slalom. 

Selain itu, seperti pada putaran sebelumnya, kompetisi Hydro Fly juga akan dipertandingkan, menggabungkan unsur olahraga, akrobatik, dan hiburan. Ada 10 pebalap terbaik dari total poin sepanjang musim 2024 ini akan bersaing di Aquabike World Championship pada akhir tahun.

Aquabike Indonesian Championship ini merupakan yang pertama kali digelar di Bali. “Olahraga aquabike yang berada di bawah Ikatan Motor Indonesia (IMI), merupakan cabang motorsport baru,” kata Ricky. 

Ketua Komisi Aquabike IMI Pusat Anton, menjelaskan sejak dibentuknya Komisi Olahraga Air awal tahun ini di bawah kepemimpinan Wakil Ketua Umum Ananda Mikola dan Direktur Olahraga Air Randy Wibawa, pihaknya berkomitmen menyelenggarakan kejuaraan nasional untuk menemukan dan mengembangkan talenta pebalap muda yang siap bersaing di level dunia.

Selain balapan, Krisna Watersports Aquabike Indonesian Championship Menpora Cup juga akan dimeriahkan dengan festival UMKM dan panggung hiburan. Pada Sabtu (7/9) malam, penyanyi asal Buleleng, Bagus Wirata, akan tampil sebagai bagian dari acara hiburan.

Gusti Ngurah Anom atau Ajik Kriesna selaku owner Krisna Watersports, mengatakan pemilihan Krisna Watersports di Bali Utara sebagai tuan rumah kejuaraan ini bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan di Bali Utara, khususnya di Kabupaten Buleleng. Aquabike Indonesian Championship (AIC) adalah kejuaraan balap nasional di bawah pengawasan federasi nasional Ikatan Motor Indonesia. 

AIC merupakan rangkaian kegiatan road to Aquabike World Championship Grand Prix of Indonesia yang diselenggarakan secara tahunan di Danau Toba. “Dengan meningkatnya jumlah wisatawan, UMKM di wilayah ini diharapkan dapat berkembang,” kata Ajik Krisna.

Ocean Drive Sports (ODS) adalah promotor nasional yang ditunjuk oleh Ikatan Motor Indonesia selaku federasi olahraga aquabike. ODS bertugas menyelenggarakan kejuaraan nasional dengan tujuan untuk memperkenalkan dan mengembangkan olahraga air di Indonesia. 7 mis

Komentar