nusabali

Ditarget Dua Emas, De Gadjah Lepas 12 Petinju PON

Bali Waspadai Tuan Rumah

  • www.nusabali.com-ditarget-dua-emas-de-gadjah-lepas-12-petinju-pon

Pelepasan secara kelembagaan sudah dilakukan pak Pj Gubernur beberapa waktu lalu. Ini pelepasan sebagai keluarga dan ini tradisi kami di Pertina.

DENPASAR, NusaBali
Ketua Umum Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Bali Made Muliawan Arya atau akrab disapa De Gadjah melepas 12 petinju Bali ke PON XXI/2024, di Kantor DPD Gerindra Bali, Denpasar, Rabu (4/9). Ke-12 petinju ditarget meraih dua medali emas. Dalam ajang pertandingan di Pematangsiantar, Sumatera Utara itu, kontingen Bali sangat mewaspadai tim tuan rumah.

De Gadjah mengatakan, proses pelepasan petinju PON ini bagian dari perhatian Pertina Bali terhadap anak asuhnya itu. Seluruh atlet tinju dianggap sebagai keluarga besar. Maka, pelepasan ini murni untuk support agar bisa meraih hasil terbaik di PON 2024. 

"Pelepasan secara kelembagaan sudah dilakukan pak Pj Gubernur beberapa waktu lalu. Ini pelepasan sebagai keluarga dan ini tradisi kami di Pertina," ungkap De Gadjah, Rabu (5/9).

De Gadjah mengatakan, seluruh petinju anggota kontingen Bali pada PON XXI/2024 memohon doa restu juga untuk kesuksesan dan pulang membawa medali emas. Menurut De Gadjah, pihaknya juga tidak menutup mata dan memberikan bekal kepada seluruh para atlet yang diambil dari kantong pribadinya, meski disadari jumlahnya tidak seberapa. 

"Yang terpenting bentuk perhatian dan support kami kepada mereka. Kalau saat latihan, kita juga perhatikan nutrisi mereka agar dalam peforma terbaiknya," urai De Gadjah, yang notabene Calon Gubernur Bali 2024 - 2029 ini.

De Gadjah yang juga ketua DPD Gerindra Bali ini mengatakan, petinju yang lolos PON kali ini yang terbanyak sepanjang sejarah. Yakni ada 12 petinju yang terdiri dari 7 putra dan 5 putri. Yang menjadi perhatiannya juga adanya petinju wanita yang mulai tumbuh dan bersaing dalam event bergengsi itu. Padahal dalam kualifikasi PON, Pertina Bali mengirimkan 14 atlet dan nyaris keseluruhan lolos. 

"Ini pertamakali meloloskan atlet paling banyak dan ada wanitanya. Ini sejarah untuk Pertina Bali. Saat BK PON, hanya dua saja yang tidak lolos, sisanya melaju ke PON," kata De Gadjah.

Disinggung terkait target, De Gadjah menargetkan bisa meraih 2 emas untuk Bali. Hal ini juga berkaca dari capaian yang didapat saat PON Papua silam yang meraih satu emas. Maka, target dua emas sangat realistis setelah melihat kondisi anak asuhnya pada peforma terbaik. Sedangkan lawan terberat, De Gadjah mengatakan akan mewaspadai tim tuan rumah. Apalagi, venue event itu di Pematangsiantar dan dilaksanakan pada 17 - 19 dari semifinal hingga final. 

"Optimistis dapat dua emas. Ya, yang diwaspadai hanya tim tuan rumah. Kami hanya minta mereka untuk terus berlatih hingga turun pada ajang tersebut," pungkas De Gadjah.dar

Komentar