nusabali

Rossi Tak Siap Pakai Dashboard Message

  • www.nusabali.com-rossi-tak-siap-pakai-dashboard-message

Valentino Rossi  mengaku belum siap dengan rencana tim Movistar  Yamaha yang bakal menjajal teknologi baru, dashboard message, pada MotoGP Inggris, 25-27 Agustus 2017.

TAVULLIA, NusaBali
Yamaha ingin mengenalkan dashboard message kepada Rossi dan Maverick Vinales lebih cepat. Tim pabrikan asal Jepang itu berharap Rossi dan Vinales tak kagok jika penggunaan teknologi baru itu resmi diterapkan Dorna selaku operator.

"Kami kembali dengan dashboard message dan kami belum siap," kata Rossi dikutip Motori Fanpage, Kamis (17/8).

Komisi Grand Prix memutuskan penggunaan dashboard  message mulai efektif pada MotoGP tahun depan. Keputusan ini menyusul pertemuan Komisi Grand Prix di Assen pada 24 Juni lalu. Pertemuan dihadiri Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA) dan Takanao Tsubouchi (MSMA).

Dorna Sports dan beberapa otoritas terkait di kejuaraan grand prix balap motor telah mengizinkan tim di kelas utama untuk menjajal teknologi baru tersebut di Silverstone. Pengenalan sistem ini lebih cepat dari jadwal yang ditentukan.

Masalah kondisi cuaca yang sering berubah-ubah di musim ini membuat otoritas balap motor mempersilakan tim untuk menjajalnya. Selain menguji dashboard messagge, Yamaha juga berencana mengenalkan garpu tala yang baru. Namun, uji coba itu dilakukan Valentino Rossi dan Maverick Vinales di Sirkuit Misano, akhir pekan ini.  

Sedangkan Vinales menilai perubahan sasis tak memberikan dampak besar terhadap performa motor YZR-M1. Dia menekankan para mekanik Yamaha untuk fokus pada setelan motor.

Pada beberapa seri terakhir, performa motor Yamaha menurun drastis dibandingkan pada awal musim. Vinales dan Rossi kesulitan menandingi Ducati dan Honda. Masalah ban disinyalir menjadi masalah utama. Namun Vinales merasa setelan motor Yamaha harus mengalami perubahan besar.

"Masalah saat ini lebih penting ketimbang mulai mengganti sasis lagi. Mungkin kami harus mulai fokus ke motor dan membuatnya bekerja dengan baik," ujar Vinales.  *ant

Komentar