nusabali

Indonesia Tahan Imbang Arab Saudi, Maarten Paes Tahan Penalti

  • www.nusabali.com-indonesia-tahan-imbang-arab-saudi-maarten-paes-tahan-penalti

JEDDAH, NusaBali.com– Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1 dalam laga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion King Abdullah Sports City, Kamis (5/9/2024) atau Jumat dini hari waktu Indonesia. Indonesia sempat unggul lewat gol Ragnar Oratmangoen sebelum Arab Saudi menyamakan kedudukan melalui Musab Al Juwayr. Penampilan gemilang kiper Maarten Paes berhasil mengamankan satu poin penting bagi Indonesia.

Laga dimulai dengan hati-hati, namun Indonesia lebih dulu mengancam pertahanan Arab Saudi. Usaha Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick menjadi ancaman serius bagi tim tuan rumah.

Indonesia, yang tampil untuk pertama kalinya di tahap ini dalam kualifikasi Piala Dunia, terus menekan dan strategi menyerang mereka membuahkan hasil pada menit ke-19. Umpan salah dari Abdullah Al Khaibari dimanfaatkan oleh Struick, yang kemudian memberikan bola kepada Witan Sulaeman. Witan dengan cerdas mengarahkan bola ke Oratmangoen, dan tembakan pemain asal Belanda itu berbelok masuk ke gawang Arab Saudi.

Hampir saja Indonesia menggandakan keunggulan pada menit ke-27 ketika Sandy Walsh menyisir sisi kanan lapangan dan mengirimkan umpan lambung yang nyaris diselesaikan dengan sundulan oleh Oratmangoen, namun bola melambung di atas mistar.

Indonesia terus menekan dan menciptakan peluang melalui Witan Sulaeman, namun tendangannya masih bisa diamankan oleh kiper Arab Saudi, Mohammed Al Owais.

Arab Saudi kemudian meningkatkan tempo serangan mereka dengan Saud Abdulhamid dan Salem Al Dawsari menjadi ancaman utama. Upaya mereka akhirnya membuahkan hasil di masa injury time babak pertama. Gerakan tipu cerdas dari Mohamed Kanno membuka ruang bagi Al Juwayr, yang tendangannya mengenai pemain Indonesia dan masuk ke gawang.

Babak kedua dibuka dengan kesalahan kiper Maarten Paes, yang nyaris memberikan peluang emas bagi Arab Saudi di menit ke-48. Beruntung, tendangan Abdulrahman Ghareeb melebar dari gawang.

Arab Saudi kembali nyaris unggul pada menit ke-75 ketika sundulan Abdulhamid membentur tiang.Paes kemudian menunjukkan kelasnya dengan menyelamatkan penalti Al Dawsari dan mementahkan tendangan Kanno pada menit ke-88.

Dengan hasil ini, Indonesia mencuri satu poin penting di kandang Arab Saudi dan siap melanjutkan perjuangan di kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Komentar