nusabali

Dua Cabup-Cawabup Buleleng Lolos Tes Kesehatan

  • www.nusabali.com-dua-cabup-cawabup-buleleng-lolos-tes-kesehatan

SINGARAJA, NusaBali - KPU Buleleng menyerahkan hasil tes kesehatan dua Pasangan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Buleleng pada Pilkada 2024, Rabu (4/9) malam.

Penyerahan hasil tes kesehatan itu setelah RSUD Bali Mandara merilis hasil tes yang dilaksanakan, Sabtu (30/8) sampai Minggu (31/8) lalu.

RSUD Bali Mandara memberikan kesimpulan hasil pemeriksaan atau penilaian kesehatan calon mampu secara jasmani dan rohani, serta tidak terindikasi penyalahgunaan narkotika untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai Bupati-Wakil Bupati. Baik untuk paslon dr I Nyoman Sutjidra SPoG (Cabup) dan Gede Supriatna (Cawabup) dari PDI Perjuangan dan koalisi, serta I Nyoman Sugawa Korry (Cabup) dan Gede Suardana (Cawabup) yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Buleleng, Gede Agus Tryo Arisnawan usai menyerahkan hasil tes kepada Liaison Officer (LO) Paslon mengatakan seluruh kewenangan tes kesehatan sepenuhnya ada di rumah sakit penyelenggara. Seluruh paslon menjalani tes kesehatan selama dua hari. Hari pertama tes fisik dan hari kedua tes psikologi.

“Hasil tes kesehatan ini akan menjadi bahan kami di KPU untuk penetapan pasangan calon nanti. Sejauh ini semua calon kepala daerah yang sudah mendaftar dinyatakan sudah mampu secara fisik dan psikologi,” terang Agus Tryo. Dua paslon saat mengikuti tes kesehatan berjalan sangat lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Setelah tes kesehatan tuntas, KPU sedang menuntaskan verifikasi berkas persyaratan.

“Dari tanggal 6-8 nanti akan ada waktu perbaikan kalau masih ada berkas yang belum lengkap, nanti juga akan dicek kembali hingga nanti penetapan paslon pada 22 September,” kata dia. Sementara itu Pengurus Pleno Partai Golkar, Dewa Arta didampingi LO Paslon KIM Gusti Putu Sardika mengatakan Paslon Sugawa-Suardana dinyatakan mampu secara jasmani dan rohani, serta tidak terindikasi penyalahgunaan narkotika. Hal ini pun sudah diprediksi sejak awal, karena saat pelaksanaan tes paslon tampak sangat fit dan energik.

“Tesnya kemarin sangat lancar, hari pertama saja yang agak lama itu sekitar 4 jam. Tapi sesuai harapan hasilnya bagus, karena baik pak Sugawa maupun pak Suardana saat tes kondisi fit dan energik. Walaupun umur pak Sugawa sudah di atas 60 tahun,” terang Dewa Arta. Sedangkan di tempat yang sama LO Paslon PDI Perjuangan Dewa Ketut Suardipa menerangkan paslon Sutjidra-Supriatna sudah memenuhi syarat setelah lolos tes kesehatan. Suardipa pun menyebut akan membawa hasil tes kesehatan itu ke paslon untuk dibuka dan dibaca bersama. “Hasilnya sudah memenuhi syarat dan tidak ada kendala. Nanti hasilnya saya buka dengan pasangan calon. Karena pak Sutjidra kan juga seorang dokter tentu lebih tahu,” ungkap Suardipa. 7 k23

Komentar