nusabali

Pj Sekda Badung Minta Seluruh OPD Prioritaskan Program Mandatori

  • www.nusabali.com-pj-sekda-badung-minta-seluruh-opd-prioritaskan-program-mandatori

MANGUPURA, NusaBali - Penjabat (Pj) Sekda Badung IB Surya Suamba meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memprioritaskan program-program mandatori menyangkut pelayanan dasar, seperti pendidikan, kesehatan serta kegiatan wajib dan mengikat.

Hal ini disampaikan Pj Sekda saat rapat koordinasi (rakor) dengan seluruh OPD di lingungan Pemkab Badung, Kamis (5/9) di Puspem Badung. 

Surya Suamba mengatakan rakor tersebut dinilai penting dalam upaya meningkatkan komunikasi, koordinasi, pemahaman, termasuk untuk mendapat masukan terkait kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing perangkat daerah, khususnya pelaksanaan anggaran induk dan perubahan tahun 2024. “Koordinasi ini kami lakukan juga sesuai arahan pimpinan pada saat melantik kami sebagai Pj Sekda Badung. Bupati meminta kami segera berkoordinasi dengan OPD guna memastikan pelaksanaan program kegiatan baik di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dalam rakor tersebut, Surya Suamba menyampaikan beberapa hal yang perlu dicermati seluruh perangkat daerah. Salah satunya mengenai perencanaan pelaksanaan APBD Perubahan tahun 2024 yang saat ini masih dalam tahap verifikasi Gubernur Bali. Berkaitan dengan hal tersebut, Surya Suamba mengharapkan dalam waktu empat bulan ke depan atau hingga akhir Desember 2024, OPD dapat memaksimalkan program-program yang mengutamakan kegiatan mandatori.

“Kegiatan manadatori itu menyangkut pelayanan dasar, seperti pendidikan dan kesehatan serta kegiatan wajib dan mengikat,” ujarnya.

Selain itu, Surya Suamba juga disampaikan berkaitan dengan pemeriksaan BPK, di mana saat ini BPK RI Perwakilan Bali melaksanakan pemeriksaan kinerja perencanaan dan penganggaran di Badung. Dari pemeriksaan kinerja ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dalam pengelolaan keuangan, sehingga program, kegiatan atau kebijakan pemerintah daerah dapat dilakukan dengan lebih baik. 7 asa 

Komentar