nusabali

PKKMB STIMI HANDAYANI 2024 Tekankan Karakter, Kompetensi, dan Kewirausahaan Mahasiswa

  • www.nusabali.com-pkkmb-stimi-handayani-2024-tekankan-karakter-kompetensi-dan-kewirausahaan-mahasiswa

DENPASAR, NusaBali.com - Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia Handayani (STIMI HANDAYANI) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) pada Jumat, 6 September 2024, di aula kampus berlokasi Jalan Tukad Banyusari Denpasar.

Acara ini mengusung tema "Membentuk Karakter dan Kompetensi Unggul" sebagai bagian dari upaya institusi untuk mempersiapkan mahasiswa baru tidak hanya dalam hal akademis, tetapi juga pengembangan karakter dan kompetensi.

Ketua Yayasan Pendidikan Handayani Denpasar (YPHD), Dr. Ida Bagus Radendra, SH, M.Hum., mengungkapkan bahwa tema PKKMB tahun ini menekankan pentingnya pengenalan lingkungan kampus serta penguatan karakter mahasiswa, khususnya dalam hal kewaspadaan terhadap isu kekerasan seksual, kewirausahaan, dan nasionalisme, termasuk kewaspadaan terhadap radikalisme. "PKKMB tahun ini tidak hanya mengenalkan lingkungan kampus, tetapi juga fokus pada penguatan karakter dan kompetensi unggul," ujarnya di sela-sela acara pembukaan.

STIMI HANDAYANI, lanjutnya, merupakan kampus yang dikenal spesialis di bidang ilmu manajemen dengan tagline "Kuliah Manajemen, STIMI HANDAYANI Ahlinya". 

Jumlah mahasiswa baru terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dan pihak kampus berkomitmen untuk membentuk mahasiswa agar menjadi agen perubahan atau "agent of change". Untuk mencapai tujuan tersebut, STIMI Handayani menawarkan mata kuliah manajemen pengembangan diri yang mengajarkan mahasiswa cara mengelola diri dan lingkungan sekitar.

“Kami berharap mahasiswa STIMI Handayani mampu menjadi manusia cerdas multidimensi, baik dari sisi spiritual, emosional, intelektual, sosial, maupun kinestetik,” tambah Dr. Ida Bagus Radendra.


Sementara itu, Ketua STIMI Handayani, Dr. Dra. Ni Ketut Karwini, MM., menambahkan bahwa pelaksanaan PKKMB ini bertujuan memperkenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru. "Selain pengenalan kampus, PKKMB ini diisi dengan berbagai ceramah yang bertujuan membentuk karakter dan kompetensi mahasiswa, termasuk dari LLDIKTI Wilayah VIII yang memberikan materi tentang membentuk karakter unggul," jelasnya.

Ceramah lainnya mencakup topik kesadaran berbangsa dan bernegara, pencegahan radikalisme di perguruan tinggi, tata kelola perguruan tinggi, serta literasi keuangan dan kesejahteraan mahasiswa. Dr. Ni Ketut Karwini juga menjelaskan bahwa kampus ini memiliki fokus pada kewirausahaan, di mana diharapkan mahasiswa dapat menciptakan lapangan kerja, bukan hanya mencari pekerjaan.

Analis Pengelola Keuangan LLDikti Wilayah VIII, Gusti Ayu Rumanti, yang turut hadir dalam acara tersebut, memberikan apresiasi kepada STIMI HANDAYANI. “STIMI HANDAYANI merupakan kampus primadona di bidang manajemen, dan saya berharap kampus ini terus menjadi yang terbaik dalam bidang tersebut,” ujarnya.

Acara PKKMB akan berlangsung selama dua hari, melibatkan berbagai kegiatan termasuk kerja bakti di kampus serta ceramah yang berkaitan dengan kurikulum, pengembangan karakter mahasiswa, dan implementasi sistem akademik.

Komentar