nusabali

OCA Sematkan AI untuk Perluas Layanan Chatbot yang Lebih Pintar dan Efisien

  • www.nusabali.com-oca-sematkan-ai-untuk-perluas-layanan-chatbot-yang-lebih-pintar-dan-efisien

JAKARTA, NusaBali.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadirkan teknologi terkini dengan menyematkan Artificial Intelligence (AI) pada produk dan layanan digitalnya. Salah satu inovasi terbaru adalah integrasi AI pada chatbot OCA Indonesia, produk unggulan dari Leap Telkom Digital.

Dengan nama OCA Automated Interaction (OCA AI), chatbot ini mengadopsi teknologi AI mutakhir untuk memberikan respons yang lebih pintar dan otomatis. OCA AI dirancang untuk mengurangi keterlibatan manusia dalam menjawab pesan atau menangani keluhan secara manual. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan memungkinkan pelaku usaha untuk memfokuskan sumber daya mereka pada tugas-tugas yang lebih strategis dan bernilai tambah.

“Telkom selalu berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik melalui produk dan layanan digital kami. Dengan penyematan AI pada chatbot OCA, kami berharap OCA AI dapat meningkatkan efisiensi alur kerja perusahaan dan memberikan manfaat yang lebih besar lagi,” ujar Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business and Technology Telkom, Jumat (6/9/2024).

OCA AI menawarkan dukungan omnichannel yang lengkap, memungkinkan pengguna untuk mengimplementasikan chatbot di berbagai saluran komunikasi. Ini memberi kesempatan kepada perusahaan untuk meningkatkan layanan pelanggan secara signifikan. Teknologi ini juga dapat diadaptasi untuk berbagai industri, termasuk pendidikan.

Salah satu contoh penerapan sukses chatbot AI OCA adalah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. Implementasi sistem chatbot ini telah membawa perubahan signifikan dalam proses komunikasi di ITS melalui otomatisasi. Chatbot OCA kini mampu menangani berbagai keluhan, permintaan, dan pertanyaan dari civitas akademika ITS dengan lebih efektif.

Sebelumnya, civitas akademika ITS harus mengajukan pertanyaan secara manual melalui web dan memilih unit yang tepat, yang sering menimbulkan kesalahan dan penundaan. Dengan integrasi chatbot OCA ke dalam aplikasi WhatsApp, kini pertanyaan dapat dikategorikan dengan lebih jelas. Misalnya, mahasiswa baru jenjang S1 memiliki pilihan pertanyaan yang berbeda dengan mahasiswa S2, sehingga mempercepat dan mempermudah proses komunikasi.

Ketika OCA AI yang didukung generative AI sepenuhnya dikembangkan, chatbot ini akan semakin pintar dan mampu menjawab pertanyaan secara mandiri tanpa perlu pengaturan kategorisasi manual. Penggunaan chatbot OCA memungkinkan ITS untuk mengirimkan hingga 30 ribu pesan ke mahasiswa baru setiap tahun, serta memperbarui dan meningkatkan komunikasi dengan mahasiswa, orang tua, dan alumni.

“Chatbot OCA terbukti memudahkan tim service desk kami dalam menjawab berbagai pertanyaan dari calon mahasiswa, mahasiswa, dosen, alumni, dan pihak lainnya dengan efisien dan cepat,” ujar Dini Adni Navastara, Kepala Seksi Hubungan Pelanggan dan Perencanaan Bisnis ITS.

Langkah OCA Indonesia dalam menyematkan AI pada layanan chatbotnya merupakan upaya nyata untuk mendorong inovasi dalam solusi digital dan membantu pengguna dalam mengoptimalkan kinerja mereka. Dengan OCA Indonesia, proses komunikasi digital di ITS menjadi lebih responsif, efisien, dan tepat waktu, serta memperbaiki penyebaran informasi secara keseluruhan.

Leap Telkom Digital, sebagai bagian dari Telkom, terus menyediakan beragam produk dan layanan digital unggulan untuk memenuhi kebutuhan berbagai sektor dan menjawab berbagai tantangan digital di era modern.

Komentar