nusabali

Penyalahgunaan Narkoba Meningkat pada Anak Sekolah

  • www.nusabali.com-penyalahgunaan-narkoba-meningkat-pada-anak-sekolah

DENPASAR, NusaBali - Yayasan Kesehatan Bali (Yakeba) menggelar acara workshop bertajuk ‘Menelisik Anggaran Penanggulangan Narkoba dan HIV di Kota Denpasar', di Harris Hotel and Conventions Center, Denpasar, Jumat (6/9).

Workshop yang lebih tepat disebut forum group discussion (FGD) ini, menghadirkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Denpasar, Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Bali, serta stakeholder lainnya.

Kepala BNN Kota Denpasar Kombes Pol I Ketut Adnyana Putra mengungkapkan bahwa dari sisi latar belakang pekerjaan, penyalahgunaan narkoba cenderung menurun. Namun, penyalahgunaannya meningkat di tingkat anak sekolah.

Untuk itu, pihaknya juga telah menggandeng guru bimbingan konseling (BK) dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. Termasuk juga pihak desa yang telah membentuk agen perubahan perilaku, dan pembentukan Desa Bersinar (Desa Bebas Bersih dari Narkoba).

“Untuk di Kota Denpasar, sebaran kasus penyalahgunaan narkotika tertinggi itu terjadi di wilayah Denpasar Selatan (Densel). Mungkin karena dari jumlah penduduk yang banyak,” ungkapnya.

Menurutnya, dari data kasus Polresta Denpasar dan BNN Provinsi Bali, di Denpasar Selatan terdapat 115 kasus, kemudian di Denpasar Barat 88 kasus, Denpasar Utara 39 kasus, dan di Denpasar Timur 33 kasus.

Sedangkan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Denpasar Nyoman Dana menyampaikan program ‘Getting Three Zero’ yaitu, Zero New Infection, Zero Related Deaths, dan Zero Discrimination.

Pihaknya juga menuturkan Dinas Kesehatan Kota Denpasar bakal meluncurkan program Saku Jelita, yakni Denpasar fokus menuju eliminasi AIDS, TBC, dan Malaria. Saku Jelita ini bakal diluncurkan pada Hari Kesehatan Nasional 12 November 2024.

“Ini program inovasi terintegrasi untuk transformasi penurunan kasus dengan lebih meningkatkan peran serta komunitas/masyarakat,” kata Nyoman Dana.

Vais dari Yakeba mengatakan, diskusi dengan melibatkan berbagai stakeholder ini untuk menyerap saran dan masukan dari para narasumber. Termasuk dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba dan menekan kasus HIV/AIDS.

“Kami ini mendengar saran dan masukan dari para narasumber. Diskusi ini tidak akan berhenti sampai di sini, tetapi terus berlanjut. Nanti bisa melalui pesan singkat WhatsApp kepada saya,” ucapnya. 7 a 

Komentar