nusabali

Kasus DB di Klungkung Mulai Menurun

  • www.nusabali.com-kasus-db-di-klungkung-mulai-menurun

SEMARAPURA, NusaBali - Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Klungkung mulai menurun. Hal ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat menjaga kebersihan lingkungan.

Kadis Kesehatan Klungkung, I Gusti Ayu Ratna Dwijawati, mengatakan kasus DB pada Januari 2024 sebanyak 52 kasus, Februari 98 kasus, Maret 101 kasus, April 162 kasus, naik signifikan pada Mei dengan 283 kasus dan 1 pasien meninggal dunia.

Kasus DB pada Juni mencapai 175 kasus, meninggal dunia 1 orang. Sebanyak 118 kasus di bulan Juli dan Agustus turun dengan 68 kasus. “Sudah menurun di Agustus ini,” ujar Ayu Ratna, Jumat (6/9). 

Lonjakan kasus pada Mei diduga karena siklus lima tahunan. Pencegahan DB sudah dilakukan dengan abatisasi massal di masing-masing desa. Tingginya kasus DB membuat kegiatan fogging yang dilakukan Puskesmas meningkat sebanyak 20 kali. 

“Kami mengajak partisipasi masyarakat melakukan PSN (pemberatasan sarang nyamuk),” ujar Ayu Ratna. PSN digelar di Kelurahan Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Jumat kemarin. Hadir, Bhabinkamtibmas Kelurahan Semarapura Tengah Aiptu I Komang Tunas. 

PSN ini untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat, serta terhindar dari sarang nyamuk penyebab penyakit demam berdarah. 7 wan

Komentar