nusabali

Pembelian E-Materai Sulit, Pendaftaran CPNS Diperpanjang

  • www.nusabali.com-pembelian-e-materai-sulit-pendaftaran-cpns-diperpanjang

Pelamar CPNS sejak awal pendaftaran hingga menjelang penutupan pendaftaran kesulitan membeli e-materai, yang menjadi syarat wajib untuk dibubuhkan di beberapa dokumen.

SINGARAJA, NusaBali
Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Buleleng memperpanjang waktu pendaftaran. Kebijakan perpanjangan pendaftaran CPNS ini diambil Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara nasional, karena ada kendala dalam pembelian e-materai sebagai syarat sangat sulit didapatkan.

Pendaftaran CPNS sedianya dibuka dari tanggal 20 Agustus  sampai 6 September. Namun edaran terbaru, pendaftaran diperpanjang sampai 10 September 2024. Ketua Pansel CPNS Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa, Jumat (6/9) kemarin menjelaskan, perpanjangan waktu pendaftaran sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

Waktu pendaftaran diperpanjang 4 hari karena ada kendala akses e-materai.  Perpanjangan waktu pendaftaran ini pun disebut Suyasa agar dapat dimanfaatkan oleh pelamar untuk dengan baik melengkapi berkas persyaratan yang diperlukan.

 “Syarat dokumen tetap memakai e-materai saat waktu perpanjangan diberikan. Sehingga ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kemarin ada kendala teknis dalam pembelian karena yang mengakses terlalu padat sehingga panitia CPNS Pusat mengeluarkan kebijakan perpanjangan waktu pendaftaran,” ucap Suyasa yang juga Sekda Buleleng ini.

Pelamar CPNS sejak awal pendaftaran hingga menjelang penutupan pendaftaran kesulitan membeli e-materai, yang menjadi syarat wajib untuk dibubuhkan di beberapa dokumen. Seperti surat lamaran, surat keterangan tidak pernah dipidana dan surat pernyataan bersedia tidak pindah tugas selama 10 tahun.

Salah satu pelamar asal Kelurahan/Kecamatan Sukasada, Desiani mengatakan sempat ketar-ketir melengkapi syarat pendaftaran khususnya e-materai. Sejumlah toko online yang menyediakan e-materai tiba-tiba susah diakses.

 “Saya dari Rabu (4/9) pagi cari-cari di semua toko online tapi tidak bisa keterangannya kuota materai tidak tersedia. Saya coba lagi sampai dini hari akhirnya Jumat pagi baru dapat,” ucap Desiani.

Hal serupa juga diakui Nyoman Yudha Yana, bahkan dia rela begadang untuk mendapatkan e-materai. “Kemarin sudah pasrah, karena tidak tahu lagi mau beli dimana semua situs yang jual sudah dicoba. Mungkin karena yang mengakses banyak jadi situsnya jadi lemot,” kata Yudha.

Sementara itu untuk tahun 2024, Buleleng mendapatkan 145 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Seratusan formasi ini terdiri dari 138 formasi tenaga teknik dan 7 formasi tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter spesialis dan psikolog.7 k23

Komentar