nusabali

Desa Melinggih Dicanangkan Menjadi Desa Cantik

  • www.nusabali.com-desa-melinggih-dicanangkan-menjadi-desa-cantik

GIANYAR, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Gianyar bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gianyar mencanangkan Desa Melinggih Kecamatan Gianyar sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) di RV Hotel, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Jumat (6/9).

Pencanangan ini untuk peningkatan kapasitas dan kemampuan perangkat desa terkait statistik. Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Gianyar I Wayan Sadra mengatakan, program Desa Cantik dirancang untuk meningkatkan literasi, kesadaran, dan peran aktif pemerintah desa dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. 

Desa Cantik untuk meningkatkan standardisasi pengelolaan data statistik, mengoptimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik, dan membentuk agen-agen statistik pada level desa/kelurahan. Terdapat berbagai sistem aplikasi pendataan di desa seperti Prodeskel, SDGs Desa, Siskeudes, SIK-NG, dan lainnya. 

Penguatan kapasitas dan kemampuan pemerintah desa dalam menghimpun, membuat, menginterpretasikan dan memanfaatkan data statistik mutlak diperlukan untuk membuat perencanaan dan melakukan monitoring serta evaluasi atas kebijakan pembangunan desa. Program Desa Cantik bukanlah sebuah program yang bekerja sendiri, melainkan wujud program kolaborasi lintas perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Gianyar, pemerintah kecamatan, dan pemerintah desa. 

Peran berbagai pihak sangat penting bagi keberhasilan dan keberlangsungan program Desa Cantik. “Pemerintah desa dan kelurahan mendukung program pembinaan Desa Cantik dan menunjuk atau membentuk agen statistik di desa,” jelas Sadra. Nantinya agen statistik mendapatkan pembinaan statistik dan melaksanakan pengelolaan data sesuai kaidah statistik serta transfer knowledge hasil pembinaan statistik. 

BPS Kabupaten Gianyar bertugas melakukan pembinaan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan desa dalam mengumpulkan, mengolah, menginterpretasikan, dan menyajikan data melalui program Desa Cantik. Sadra juga menjelaskan peran Bappeda untuk memastikan pemenuhan kebutuhan data perencanaan secara realtime dengan mengawal program desa presisi melalui kolaborasi program Desa Cantik. 

Diskominfo memfasilitasi desa dari sisi teknologi informasi dalam melakukan pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data desa melalui web desa maupun portal data Kabupaten Gianyar. Dinas PMD bertugas mengawal tata kelola penggunaan anggaran dan tata kelola data dalam mendukung penyiapan data-data melalui program Desa Cantik. Sadra berharap program Desa Cantik dapat terus dikembangkan dan diperluas guna mewujudkan Satu Data Desa Indonesia (SDDI). 

“Saya berharap program Desa Cantik terus dijaga dan dipastikan keberlanjutan pelaksanaannya dari tahun ke tahun agar cakupan pelaksanaannya dapat diperluas hingga ke seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Gianyar sebagai upaya mendorong terwujudnya Satu Data Desa Indonesia,” harapnya.

Kepala BPS Gianyar Maria Iin Maidiana mengatakan, Desa Melinggih dipilih karena sudah menjadi Desa Cerdas dan masuk 3 besar secara nasional. Maria menambahkan, program Desa Cantik sesuai amanat Undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik. BPS bertanggung jawab melakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan statistik, pemilihan desa kelurahan Cinta Statistik, dan kapabilitas statistik desa. 7 nvi

Komentar