nusabali

2 Kelompok Wanita Tani Digelontor Bibit Ayam

  • www.nusabali.com-2-kelompok-wanita-tani-digelontor-bibit-ayam

NEGARA, NusaBali - Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpangan) Jembrana memberikan bantuan bibit ayam kepada dua kelompok wanita tani (KWT) di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, dan Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo. Secara simbolis, bantuan ratusan bibit ayam itu diserahkan langsung Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Jumat (6/9).

Kepala Bidang Peternakan pada Distanpangan Jembrana I Gede Putu Kasthama mengatakan, setiap kelompok yang terdiri dari 20 orang mendapat bantuan bibit hewan ternak berupa ayam petelor sebanyak 320 ekor. Selain bibit ayam, juga diberikan bantuan berbagai bekelengkapan lainnya dengan total nilai bantua sebesar Rp 187.459.280 untuk kedua kelompok.

"Masing-masing kelompok kita berikan ayam petelor sebanyak 320 ekor. Per kelompok terdiri dari 20 orang. Jadi per orang itu memelihara 16 ekor. Bantuannya juga sudah lengkap dengan paket kandang, pakan, vitamin, dan obat-obatan," ucap Kasthama.

Menurut Kasthama, jumlah pakan yang diberikan kepada setiap KWt itu akan cukup untuk kebutuhan skitar 3 bulan ke depan. Sedangkan vitamin dan obat-obatan cukup digunakan hingga usia produktif maksimal sekitar usia 2 tahun. "Untuk obat-obatan mungkin bisa sampai umur ayam panen. Karena akhir ayam ini 2 tahun harus sudah diganti lagi, dan harapannya setelah akhir bisa dijual dan nanti bisa digunakan untuk membeli lagi bibit dan terus berkelanjutan," ujarnya.

Sementara Bupati Tamba mengatakan, bantuan ternak yang diberikan oleh pemerintah ke masyarakat ini harus dipelihara dengan baik dan berkesinambungan. Dirinya berharap Jembrana bisa memproduksi ayam pedaging secara besar-besaran untuk menyangga kebutuhan menyambut Jembrana Emas 2026/2027.

"Saya berharap bantuan yang telah diberikan kepada kedua kelompok tani itu bisa dikelola secara baik. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan hingga mensejahterakan semua anggotanya. Jadi jangan hanya pengurus yang menikmati hasilnya," ucap Bupati Tamba.7ode

Komentar