nusabali

Portugal Gebuk Kroasia, Ronaldo Tembus 900 Gol

  • www.nusabali.com-portugal-gebuk-kroasia-ronaldo-tembus-900-gol

LISBON, NusaBali - Cristiano Ronaldo yang kini berusia 39 tahun mencatatkan rekor baru dalam karier sepak bolanya, yakni mencetak total 900 gol di klub maupun di timnas. Gol ke-900 itu dicetak Ronaldo saat Portugal mengalahkan Kroasia 2-1, dalam laga UEFA Nations League di Estadio Da Luz, Lisboa, Jumat (6/9) dinihari WITA.

Pada laga itu, Ronaldo mencetak gol kedua pada menit ke-34. Gol itu terjadi melalui kerja sama yang baik. Nuno Mendes mengirim umpan akurat, lalu dituntaskan Ronaldo dengan tendangan langsung setelah bebas dari kawalan lawan. Kini sebanyak 900 gol dicetak Ronaldo, terdiri dari 769 gol di level klub dan 131 gol bersama timnas Portugal. Meski menginjak usia kepala empat, Ronaldo berambisi mencetak 1.000 gol sebelum pensiun.

"Aku ingin mencapai 1.000 gol. Jika aku tidak cedera parah, buatku ini adalah hal yang terpenting, aku menginginkannya," kata Ronaldo, 

di kanal YouTubenya dalam obrolan bersama mantan rekan setim, di Manchester United, Rio Ferdinand.

Fase grup UEFA Nations League dimulai, dengan sembilan laga tersaji pada Jumat dini hari (6/9) WITA. Timnas Portugal menang tipis 2-1 saat menjamu Kroasia dalam laga pertama Grup 1 Liga A. Gol Portugal dicetak Diogo Dalot dan Cristiano Ronaldo, sedangkan Kroasia hasil gol bunuh diri Diogo Dalot.

Usai merebut tiga poin pertamanya di UEFA Nations League, Portugal menempati posisi dua Grup 1. Polandia memimpin grup 1 usai menang 3-2 atas Skotlandia. 

Sementara itu, sang juara bertahan Spanyol mengawali Nations League dengan kurang meyakinkan saat bertandang ke Serbia. Tim Matador hanya bermain imbang 0-0 di Rajko Mitic Stadium, juga Jumat dinihari.

Spanyol tidak diperkuat kapten Alvaro Morata dan Rodri, tetapi tetap menurunkan trio Lamine Yamal, Nico Williams, dan Dani Olmo. Meski mendominasi penguasaan bola sejak kick-off, Spanyol kesulitan membongkar pertahanan Serbia.

Tim Spanyol yang diasuh Luis de la Fuente itu total melepaskan 21 percobaan, tetapi hanya lima yang on target. Sedangkan Serbia mencatatkan satu percobaan ke arah gawang dari sembilan. Skor 0-0 bertahan hingga laga usai dan Spanyol harus puas dengan satu poin.

Spanyol tertahan di posisi ketiga klasemen Grup 4 Liga A, karena mengantungi tiga kartu kuning dan Serbia di posisi kedua karena cuma punya dua kartu kuning dari laga ini. Posisi puncak ditempat Denmark yang mengalahkan Swiss 2-0 di Kopenhagen. ant

Komentar