nusabali

Walikota Dukung Keterlibatan Masyarakat Dalam Pelestarian Seni dan Budaya

Penutupan Dangri Kangin Festival Ke–7 Tahun 2024

  • www.nusabali.com-walikota-dukung-keterlibatan-masyarakat-dalam-pelestarian-seni-dan-budaya

DENPASAR, NusaBali - Pemerintah Kota Denpasar mengapresiasi pelibatan seluruh komponen masyarakat Dangin Puri Kangin di bidang seni dan budaya.

Pemerintah Desa Dangri Kangin juga selalu memberikan ruang bagi pelaku ekonomi kreatif dan UMKM menunjukkan produk mereka kepada masyarakat luas.

Hal itu dikemukakan Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menutup menutup Dangin Puri Kangin Festival Ke–7 Tahun 2024 pada Minggu (8/9) malam. Penutupan ditandai dengan mencabut Kayonan. Parade seni budaya Dangin Puri Kangin Festival ke-7 Tahun 2024 dipusatkan di Kawasan Pendidikan Jalan Kamboja, Denpasar.

Dangri Kangin Festival ke-7 Tahun 2024 ini mengangkat tema ‘Jana Kerthi, Paduraksa Jayaning Dangri Kangin’, yang berarti menuju kemuliaan perilaku masyarakat yang bersatu padu dalam mewujudkan Desa Dangin Puri Kangin yang maju. 

Hadir mendampingi Walikota Jaya Negara, Ketua TP PKK Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara. Hadir pula Camat Denpasar Utara I Wayan Yuswara, Kadis Kebudayaan Denpasar Raka Purwantara, Perbekel Dangin Puri Kangin I Wayan Sulatra.

Wayan Sulatra menjelaskan, Dangri Kangin Festival ke-7 Tahun 2024 tetap berkomitmen penuh memberdayakan potensi masyarakat desa di dalam tiap rangkaian acara yang berbalut unsur seni dan budaya. 

Dalam Dangri Kangin Festival ke-7 Tahun 2024 ini ditampilkan potensi-potensi seni dari masing-masing banjar. Di hari pertama, Sabtu (7/9), ditampilkan Parade Gong Kebyar Wanita oleh PKK di tujuh banjar se-Desa Dangri Kangin, Parade Tari Bali dari ST perwakilan tujuh banjar juga Janger Lansia Karang Rahayu Desa Dangri Kangin. 

Pada hari kedua, Minggu (8/9) pagi digelar lomba menggambar, mewarnai, dan menyanyi pop Bali anak serangkaian Hari Anak Nasional. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak perwakilan banjar dan sekolah di Desa Dangri Kangin. 

“Pada malam harinya Parade Shanti dan Geguntangan. Setelah itu yang paling menyedot atensi penonton di tiap gelaran Dangri Kangin Festival yakni parade baleganjur yang diikuti oleh sekaa teruna se-Desa Dangri Kangin dan dilanjutkan parade band se-Desa Dangri Kangin,” ucap Wayan Sulatra.

Pada malam penutupan festival juga diserahkan piala pemenang Lomba PSN tingkat kecamatan yang dimenangkan oleh Tim Desa Dangri Kangin yang diwakili oleh Banjar Kertha Buwana.  

Festival tahun ini juga kembali memberikan kesempatan kepada UMKM lokal untuk menunjukkan produk mereka kepada masyarakat melalui pameran. “Desa Dangri Kangin merupakan desa digital dan telah menjadi standar acuan nasional,” ucap Wayan Sulatra. @ mis

Komentar