nusabali

Jalan Licin, Bus AKAP Hantam Truk Box

  • www.nusabali.com-jalan-licin-bus-akap-hantam-truk-box

Dalam kondisi cuaca hujan dan jalan licin, bus yang membawa sejumlah penumpang itu bannya mengalami selip saat hendak melewati tikungan di lokasi kejadian.

NEGARA, NusaBali
Kecelakaan lalu lintas melibatkan sebuah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan sebuah truk box di Jalan Umum Denpasar-Gilimanuk, Banjar Yeh Satang, Desa Yeh Sumbul, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Minggu (8/9) pagi. Dua kendaraan besar tersebut bertabrakan setelah bus AKAP tergelincir akibat kondisi jalan licin.

Kecelakaan di Jalan Umum Denpasar-Gilimanuk kilometer 78-79, tepatnya di dekat perbatasan Yeh Sumbul dengan Desa Medewi, ini terjadi pada sekitar pukul 06.00 Wita. Dua kendaraan yang kecelakan adalah bus AKAP nopol W 7832 UN dengan truk box nopol B 9032 KXT. Bus AKAP dikemudikan oleh Fakhru Lubis Wiranata, 42, alamat Tambak Gringsing, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), dan truk box dikemudikan oleh Wagirin, 37, alamat Desa/Kecamatan Pekutatan, Jembrana.

Kapolsek Mendoyo Kompol I Dewa Gede Artana mengatakan, peristiwa kecelakaan itu bermula saat bus AKAP melaju dari arah barat ke timur atau dari arah Gilimanuk menuju Denpasar. Dalam kondisi cuaca hujan dan jalan licin, bus yang membawa sejumlah penumpang itu bannya mengalami selip saat hendak melewati tikungan di lokasi kejadian.

Foto: Truk box nopol B 9032 KXT yang kecelakaan di Jalan Umum Denpasar-Gilimanuk, Banjar Yeh Satang, Desa Yeh Sumbul, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Minggu (8/9). -IST

Alhasil, bus hilang kendali dan tergelincir ke arah kanan sehingga menabrak truk box yang melaju dari arah berlawanan atau arah Denpasar menuju Gilimanuk. "Disebabkan jalan licin akibat hujan. Ban bus selip saat hendak menikung sehingga hilang kendali dan menabrak truk box yang datang dari arah berlawanan," ujar Kompol Dewa Artana.

Saat tabrakan, bagian depan kanan bus menghantam bagian samping kanan truk box. Setelah tabrakan, bus yang berusaha dibanting ke kiri itu pun berhenti dengan posisi tanggul taman di sisi utara jalan dan menutup badan jalan ruas arah Gilimanuk menuju Denpasar.

Meski tidak ada korban jiwa maupun luka-luka, namun kedua kendaraan mengalami kerusakan yang cukup parah. Bagian depan bus mengalami penyok dan beberapa komponen lepas. Sementara bagian samping kanan truk box juga penyok dan terbuka. Selain itu, kecelakan ini pun sempat memicu kemacetan.

"Kedua kendaraan sudah dievakausi. Proses lebih lanjut ditangani Unit Gakkum (Penegakan Hukum) Satlantas Polres Jembrana," ucap Kompol Dewa Artana.

Kompol Dewa Artana mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara. Terutama saat cuaca buruk seperti hujan yang bisa membuat kondisi jalan licin. Selain itu, pengemudi juga dihimbau untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan.7ode

Komentar