nusabali

Bupati Sedana Artha Imbau Kesiapsiagaan Zona Megathrust

  • www.nusabali.com-bupati-sedana-artha-imbau-kesiapsiagaan-zona-megathrust

BANGLI, NusaBali - Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Artha mengeluarkan imbauan terkait kesiapsiagaan zona megathrust. Imbauan  telah diteruskan ke masing-masing camat.

Kepala BPBD dan Damkar Bangli I Wayan Wardana mengatakan imbauan tersebut berdasarkan Surat Deputi Badan Nasional Penanggulangan Bencana perihal Langkah-langkah Kesiapsiagaan Zona Megathrust. Selain itu, merespon informasi BMKG terkait kesiapsiagaan zona megathrust Indonesia yang diperkirakan berpotensi terjadinya gempa besar dan tsunami.

"Bupati Bangli mengeluarkan imbuan tertanggal 2 September dan telah diteruskan ke Camat," jelasnya, Minggu (8/9). 

Dalam surat tersebut ada beberapa point mengimbau seluruh masyarakat untuk lebih siap dan antisipatif terhadap kemungkinan seismic gap terutama di wilayah Zona Megathrust Selat Sunda dan Mentawai - Siberut.

Pengecekan kembali kesiapan sarana dan prasarana maupun sistem komunikasi kebencanaan, memastikan tempat-tempat evakuasi, bangunan Tempat Evakuasi Sementara/Akhir (TES/TEA) serta jalur evakuasi yang dapat digunakan dan mudah diakses. 

Peningkatan pelaksanaan edukasi, sosialisasi dan Ileterasi epada masyarakat terhadap risiko gempa bumi. Serta pengecekan ketersediaan papan informasi, rambu-rambu serta arah evakuasi yang memadai. 

Selain itu, melakukan koordinasi kesiapan mckanismc kedaruratan/pcnanggulangan bencana bersama dengan stakeholder dacrah serta simulasi rencana kontigensi menghadapi ancaman bencana dengan melibatkan stakeholder setempat. 

"Untuk Koordinasi yang lebih intensif bisa melalui BPBD Bangli," sebutnya. 

Di sisi lain, Camat Kintamani Ketut Erry Soena Putra mengatakan terkait imbauan tersebut pihaknya pihaknya meneruskan ke semua desa, dan menghimbau untuk mengikuti instruksi sesuai imbauan tersebut. "Untuk saat ini agar tidak terlalu panik akan isu tetapi tetap waspada," ungkapnya. 

Ditambahkan, bencana bisa datang kapan saja jado waspada dan paham akan tindaklanjut yang harus dilakukan apabila terjadi bencana itu penting. 7esa

Komentar