nusabali

Turut Lari Bersama 500-an Pelari, Sandiaga Uno Buka Alas Kedaton Fun Run

  • www.nusabali.com-turut-lari-bersama-500-an-pelari-sandiaga-uno-buka-alas-kedaton-fun-run

TABANAN, NusaBali - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, membuka Alas Kedaton Fun Run di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan, Minggu (8/9). Sport tourism ini untuk membantu branding Alas Kedaton agar ramai dikunjungi wisatawan juga mendorong produksi produk olahraga lokal.

Kemenparekraf telah menggagas festival-festival yang bisa digelar di Alas Kedaton untuk menarik wisatawan lebih banyak lagi. Contohnya, festival musik, film maupun festival-festival yang berkaitan dengan budaya, yoga, layang-layang, hingga festival bersepeda.

Sandiaga Uno menilai, sport tourism sangat efektif untuk mendorong produksi produk olahraga lokal. “Dibandingkan dengan kegiatan-kegiatan yang mengandalkan quantity tourism, sport tourism berdampak pada dua hal, salah satunya meningkatkan kunjungan juga menyehatkan masyarakat,” jelas Sandiaga. Festival sangat berpotensi mendatangkan wisatawan. Alas Kedaton Fun Run mengundang 500 pelari. Pendaftaran via link, saat dipublish, hanya 2 jam pendaftaran sudah penuh.

Alas Kedaton Fun Run dengan jarak tempuh 10 kilometer. Sandiaga Uno berbaur dengan ratusan pelari dari start hingga finish di DTW Alas Kedaton. Peserta lari melintasi alam Desa Kukuh yang sejuk dan melintasi jalan persawahan, termasuk lahan pertanian organik di Subak Jaka. Persawahan di Desa Kukuh kerap dijadikan tempat syuting iklan dan pernah dua kali jadi lokasi syuting film Korea. Pelari juga melintasi kawasan Desa Kuwum, Desa Tegaljadi (Kecamatan Marga), dan Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri. Selama mengikuti Fun Run, Sandiaga mengatakan melihat alam Desa Kukuh yang sangat indah serta trek untuk pelari yang sangat menantang. 

Sandiaga juga menekankan bukan hanya pemandangan yang indah, masyarakatnya juga sangat welcome. “Jika kita lebih banyak buat event di sini maka Alas Kedaton akan kembali dikunjungi wisatawan dan ini bagian daripada quality tourism, jadi pariwisata yang berbasis olahraga membuat masyarakat sehat, menjaga lingkungan, dan juga membuka peluang usaha dan lapangan kerja sehingga masyarakat ekonominya segera pulih dan bangkit,” ungkapnya. Sport toursim ini rencananya akan dimasukkan ke dalam paket wisata ke Bali. 

Usai mengikuti Alas Kedaton Fun Run dilanjutkan dengan talkshow dengan narasumber Sandiaga Uno, Sekda Tabanan I Gede Susila, Perbekel Desa Kukuh I Made Sugianto, dan Manajer DTW Alas Kedaton I Wayan Sudarma. Sekda Gede Susila mengatakan, Alas Kedaton sempat menjadi andalan Tabanan. Seiring waktu, jalur kunjungan berubah menjadi Ulun Danu Beratan, Jatiluwih, dan Tanah Lot. Sebelumnya, Ulun Danu Beratan, Alas Kedaton, dan Tanah Lot. Susila berharap kunjungan ke Alas Kedaton bisa bangkit lagi. 7 k21

Komentar