nusabali

381 TPS Masuk Kategori Rawan

  • www.nusabali.com-381-tps-masuk-kategori-rawan

SINGARAJA, NusaBali - Polres Buleleng mendata setidaknya ada sebanyak 381 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Buleleng yang masuk dalam kategori rawan pada Pilkada 2024.

Ratusan TPS tersebut, akan mendapat pengamanan yang lebih ketat dibanding TPS lain dalam Pilkada 2024 November mendatang.

Kapolres Buleleng AKBP, Ida Bagus Widwan Sutadi mengatakan pada Pilkada 2024, di Buleleng akan dibangun sebanyak 1.173 TPS. Dari ribuan TPS itu, sebanyak 318 masuk dalam TPS rawan. Lokasi terbanyak terdapat TPS rawan ada di wilayah Kota Singaraja atau di Kecamatan Buleleng, dengan 70 TPS.

Adapun TPS rawan atau masuk dalam zona kuning tersebut, dikategorikan berdasarkan kondisi geografis, ada calon di yang akan memilih di TPS tersebut, histori pernah digelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS tersebut. Kemudian pernah terjadi konflik hingga menyebabkan kerusuhan dan di dalam satu lokasi ada tiga TPS.

AKBP Widwan menjelaskan, pengamanan TPS rawan ini pihaknya telah melakukan sejumlah upaya dengan berkaca pada operasi pengamanan Pemilu 2024 pada Februari lalu "Kami lakukan komunikasi jauh-jauh hari dengan masyarakat, tokoh masyarakat, termasuk tokoh politik yang ada di sana," ujar AKBP Widwan, ditemui Senin (9/9) usai kegiatan diskusi di Gedung Laksmi Graha Kota Singaraja. 

Dalam proses pengamanan nanti, di setiap TPS yang masuk dalam kategori rawan akan diisi oleh satu personel kepolisian. Para personel tersebut, akan berjaga mulai dari pengawalan pendistribusian kotak suara, proses pemungutan hingga penghitungan, sampai kotak suara tersebut dikembalikan ke KPU.

"Untuk penanganannya, kami menyiapkan satu TPS, satu personil yang kami libatkan. Kami buat rayonisasi bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa, apabila terjadi situasi eskalasi meningkat yang dapat mengganggu pelaksanaan," jelas AKBP Widwan.

Ia menambahkan, dalam pengamanan Pilkada ini, Polres Buleleng dibantu sebanyak 31 personel dari Brimob Polda Bali. Puluhan personel khusus yang dimiliki Polri itu, kini telah ditempatkan di Polsek Seririt. "Adakalanya kami gerakan untuk patroli dan show kff. Selama tahapan mereka standby di Polsek Seririt, jika sewaktu dibutuhkan dalam kondisi tertentu akan dikerahkan," tandasnya.7 mzk

Komentar