nusabali

Disnaker Gianyar Dampingi Purna PMI Kelola Keuangan

  • www.nusabali.com-disnaker-gianyar-dampingi-purna-pmi-kelola-keuangan

GIANYAR, NusaBali - Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Bali bersama Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Gianyar menggelar Pemberdayaan PMI Purna dan Keluarganya di Bali Ayu Shop, Desa Keramas, Kecamatan/Kabupaten Gianyar, Senin (9/9). Tujuannya, memberikan pelatihan dan perlindungan bagi purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan keluarganya dalam mengelola keuangan dengan baik.

Acara berlangsung dari tanggal 9-12 September dibuka oleh Kepala Disnaker Gianyar Ida Ayu Ketut Surya Adnyani didampingi Kepala Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Bali, Anak Agung Gde Indra Hardiawan. Dayu Surya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan yang digagas BP3MI bersama Disnaker Gianyar. Animo masyarakat Gianyar yang ingin bekerja menjadi CPMI sangat tinggi. “Data Disnaker, jumlah PMI Kabupaten Gianyar sebanyak 1.049 orang, yang tidak terdaftar mungkin lebih banyak,” ujar Dayu Surya.

Melihat hal tersebut, perlu melakukan pendampingan agar sesuai prosedur keberangkatan CPMI. Harus memiliki skill, sehingga kami bekerja sama dengan BP3MI melakukan pelatihan. Bahkan akan diserap langsung oleh Bali Ayu yang bergerak di bidang spa. “Mereka dilatih membuat minyak VCO yang menjadi bahan dasar minyak terapis,” kata Dayu Surya. Dia meyakini para purna PMI akan dapat diserap oleh pasar kerja. Menjadi wirausaha yang dapat menambah perluasan kesempatan kerja sesuai visi dan misi Disnaker Gianyar untuk menekan angka penggangguran. 

Sesuai data BPS, penggangguran di Kabupaten Gianyar pada tahun 2022 dengan jumlah pengangguran 6,79%. Sudah turun menjadi 2.96% di tahun 2023. “Mudah-mudahan angka pengangguran dapat ditekan lagi dengan langkah-langkah yang kita lakukan hari ini,” harapnya. 7 nvi

Komentar