nusabali

Karisma Evi Raih Perak Paralimpiade

  • www.nusabali.com-karisma-evi-raih-perak-paralimpiade

JAKARTA, NusaBali - Atlet para atletik, Karisma Evi Tiarani meraih medali perak untuk kontingen Indonesia pada Paralimpiade Paris 2024, di Stade de France, Minggu (8/9) dinihari WITA. Karisma di urutan kedua dalam final nomor 100-meter putri klasifikasi T42/63, dengan catatan waktu 14,26 detik.

Catatan itu menjadi rekor dunia baru 100 meter putri T42 setelah pada babak kualifikasi Karisma Evi juga memecahkan rekor dunia dengan waktu 14,34 detik. Di depan Karisma Evi ada Martina Caironi dari Italia yang finish dengan catatan waktu 14,16 detik sehingga mendapatkan medali emas.

Karisma Evi mengungkapkan kegembiraanya. Dia tak menyangka bisa mendapatkan medali perak meski klasifikasi T42 harus digabungkan dengan klasifikasi T63. 

"Ini luar biasa. Saya tidak membayangkan hal ini akan terjadi karena mereka (trio Italia) selalu tampil hebat. Saya pikir mereka sangat cepat setelah 60 meter. Ini sungguh menakjubkan," kata Karisma Evi.

Karisma Evi sejatinya tak diunggulkan meraih medali. Trio Italia yang bernama Ambra Sabatini, Monica Graziana Contrafatto dan Martina Caironi selalu perkasa saat penggabungan klasifikasi T42 dan T63. Kerja keras Karisma Evi meraih medali dinaungi dewi fortuna.

"Sebenarnya saya tidak tahu. Saya hanya melihatnya terjatuh sebelum garis finish dan saya hanya berkonsentrasi pada garis finish," tutur Karisma Evi. 

Sementara tim pelatih para atletik Indonesia, Setiyo Budi Hartanto mengucapkan, terima kasih atas dukungan berbagai pihak pada masa persiapan menuju Paris.

"Ini hasil yang sangat memuaskan, karena kami hanya menargetkan satu medal perunggu dan ini dapat dua medali perak," tutur Setiyo Budi. 

Satu perak lainnya dipersembahkan Saptoyogo Purnomo di 100 meter T37. Setiyo Budi menyebut, para atlet bisa tampil maksimal di Paris karena tak terbebani dengan target. Sebagai senior cabor para atletik, Setiyo Budi ingin Karisma Evi dkk tampil lepas saat pertandingan. k22

Komentar