nusabali

Biliar Sumbangkan Emas untuk Bali di PON Aceh-Sumut 2024

  • www.nusabali.com-biliar-sumbangkan-emas-untuk-bali-di-pon-aceh-sumut-2024

MEDAN, NusaBali.com – Kontingen Provinsi Bali kembali menambah perolehan medali emas di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024. Tambahan emas kali ini disumbangkan dari cabang olahraga biliar, yang membuat total perolehan Bali menjadi empat medali emas.

Atlet biliar Bali, I Kadek Sugiarta dan I Putu Edi Wirawan, memastikan emas pada nomor pertandingan snooker six reds ganda putra setelah mengalahkan pasangan Jawa Tengah, Yoni Rachmanto dan Ricky Yang, dengan skor 3-1 di final yang berlangsung di Pardede Hall, Medan, Selasa (10/9/2024).

Dengan raihan emas ini, Bali bertengger di posisi kedelapan klasemen sementara perolehan medali hingga Selasa pukul 17.00 WIB, dengan total perolehan 4 empat medali emas, 2 perak, dan 7 perunggu.  Sebelumnya, Bali berada di peringkat kesepuluh dari 37 kontingen, termasuk kontingen dari Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selain dari biliar, medali emas sebelumnya disumbangkan oleh cabang olahraga balap sepeda putri dan dua emas lainnya diraih dari kriket putra dan putri.

Dua medali perak Bali diperoleh dari cabang olahraga kriket putri dan balap sepeda putri. Sementara itu, perolehan medali perunggu Bali tersebar dari beberapa cabang olahraga, di antaranya:
  • - Dua perunggu dari paramotor,
  • - Satu perunggu dari balap sepeda campuran,
  • - Satu perunggu dari kriket putra,
  • - Satu perunggu dari renang perairan terbuka 5.000 meter dan 10.000 meter putri,
  • - Satu perunggu dari sepak takraw ganda putri.

Provinsi Bali mengirimkan 549 atlet dari 49 cabang olahraga pada PON Aceh-Sumatera Utara 2024, jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan PON XX Papua, di mana Bali hanya memberangkatkan 235 atlet.

Pada PON XX Papua, Bali berhasil menduduki peringkat kelima dengan koleksi 28 medali emas dari 34 provinsi. Sementara untuk PON XXI ini, Bali menargetkan untuk meraih 45 medali emas.

Dengan sisa waktu kompetisi yang masih berjalan hingga 20 September mendatang, Bali berharap dapat menambah perolehan medali dan mencapai target yang telah ditetapkan. *ant

Komentar