nusabali

DPRD Kota Denpasar Kembangkan Inovasi Sejukmu

  • www.nusabali.com-dprd-kota-denpasar-kembangkan-inovasi-sejukmu

DENPASAR, NusaBali - Sekretariat DPRD Kota Denpasar mengembangkan inovasi berbasis teknologi bernama Sistem Elektronik Kunjungan Kerja Tamu (Sejukmu).

Inovasi ini sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan kunjungan kerja tamu. 

Sekretaris Dewan (Sekwan) Kota Denpasar I Gde Made Bhaju Pravita, Selasa (10/9), mengatakan aplikasi ini merupakan bagian dari strategi adaptif yang disebut ‘Sistem Aplikasi Manajemen Informasi Kunjungan Kerja Tamu’ (Siap Manis Kujamu) dirancang pada Agustus 2023 dan mulai diterapkan pada awal 2024.

Sejukmu merupakan pengembangan dari aplikasi Sijuna yang sudah ada namun belum difungsikan dengan beberapa penambahan fitur yang lebih modern dan relevan. Pengembangan Sejukmu dilatarbelakangi oleh tingginya jumlah kunjungan kerja tamu ke DPRD Denpasar. 

Kata Bhaju Pravita, Sejukmu merupakan aplikasi yang menyajikan data yang bersumber dari kolaborasi OPD terkait yang meliputi data kepariwisataan (atraction, accesibility, acomodation, amenities, dan ancelary service) serta menyediakan ruang untuk promosi UMKM Denpasar. Data pada aplikasi ini dirancang bersifat interoperabilitas data (berbagi pakai data). 

Kata dia, pada 2022 tercatat sebanyak 5.774 orang melakukan kunjungan kerja, dan pada 2023 meningkat menjadi 6.087 orang. Kondisi ini menuntut adanya pengelolaan data yang optimal, terutama dalam hal pencatatan kunjungan yang sebelumnya masih dilakukan secara manual. 

Proses pencatatan manual dianggap memakan waktu dan berpotensi menimbulkan ketidakakuratan, sehingga sulit untuk mendapatkan informasi kunjungan kerja secara cepat dan tepat. 

“Aplikasi Sejukmu berbasis website, memungkinkan tamu untuk mengisi form rencana kunjungan dan mengunggah surat perintah tugas secara online, yang kemudian akan diverifikasi oleh admin Sekretariat DPRD Kota Denpasar,” ucap Bhaju Pravita. 

Dalam aplikasi ini pengunjung juga diberikan informasi terkait destinasi wisata, akomodasi, serta produk industri kreatif dan UMKM di Kota Denpasar. Layanan berbasis digital ini dirancang untuk mempermudah pencatatan, pengelolaan, serta penyediaan data kunjungan kerja tamu dalam waktu yang lebih singkat dan akurat.

Selain mempermudah pengelolaan data, pengembangan Sejukmu diharapkan juga dapat mendukung sektor pariwisata dan industri kreatif Kota Denpasar. “Dalam jangka panjang, aplikasi ini berpotensi mendukung peningkatan wisatawan meeting, incentive, convention, exhibition (MICE) serta menjadi media promosi produk lokal dan pariwisata secara digital,” ujar Bhaju Pravita. 

Aplikasi ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas layanan publik di lingkungan Pemkot Denpasar melalui transformasi digital yang adaptif. Pegawai di lingkungan Sekretariat DPRD juga diharapkan mampu beradaptasi dengan teknologi, guna meningkatkan efektivitas pelayanan kepada masyarakat dan dapat mendorong daya saing produk industri kreatif, UMKM, dan peningkatkan PAD. 

Sejak diterapkan pada awal 2024, aplikasi Sejukmu telah menerima 287 permohonan kunjungan dinas dengan total 2.757 orang melakukan kunjungan ke Sekretariat DPRD dan DPRD Kota Denpasar. “Inovasi ini menunjukkan komitmen Pemkot Denpasar dalam menghadirkan layanan publik yang inovatif dan berbasis teknologi, serta mendukung peningkatan kualitas ekonomi melalui promosi pariwisata dan industri kreatif lokal,” tandasnya. @ mis

Komentar